nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Alasan Polda Jatim Cekal Ahmad Dhani Keluar Negeri

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 05:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 23 519 1967598 ternyata-ini-alasan-polda-jatim-cekal-ahmad-dhani-keluar-negeri-HualHTORi9.jpg Ahmad Dhani.

SURABAYA - Polda Jatim telah mengirimkan surat permohonan pencekalan bagi Ahmad Dhani ke pihak imigrasi pada 19 Oktober 2018. Pencekalan ini dikirim setelah penyidik Polda Jatim menetapkan status tersangka pada suami Mulan Jameela ini pada Kamis 18 Oktober 2018.

Penyidik mengirimkan surat cekal lantaran ingin proses penyidikan berjalan lancar terhadap Ahmad Dhani yang tersandung kasus dugaan pencemaran nama baik, serta berlangsung cepat sehingga segera memberi kepastian hukum.

"Cekal ini dilakukan untuk memudahkan proses hukum supaya cepat memberikan kepastian hukum," terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Senin 22 Oktober 2018.

Sidang Lanjutan, Ahmad Dhani Hadirkan Saksi Meringankan

Disinggung jika Ahmad Dhani tidak hadir dalam pemanggilan kedua yang diberi deadline hingga Selasa besok, Barung menyatakan akan mengirimkan surat panggilan lagi sekaligus penjemputan paksa. Sebab sebelumnya pada panggilan pertama Ahmad Dhani mangkir.

"Saya berharap yang bersangkutan (AD) bisa hadir memenuhi panggilan penyidik pada Selasa besok," tandas Barung.

(Baca juga: Jadi Tersangka, Begini Ungkapan Hati Ahmad Dhani)

Dhani sendiri menganggap langkap polisi melakukan pencekalan terhadap dirinya sebagai hal yang berlebihan. "Ya itu serahkan ke masyarakat yang menanggapi ya. Kalau menurut saya sih, berlebihan saja. Orang saya nyaleg di sini, memangnya saya mau lari kemana?" ujarnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selain itu, Dhani juga menilai Polda Jatim tidak mengikuti perkembangan kasus lain yang juga menjerat dirinya. Kata pentolan Dewa 19 ini, pencekalan sudah lebih dulu dilakukan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus ujaran kebencian.

"Saya itu sebenarnya sudah dicekal dari enam bulan lalu. Ini polisi kurang gaul apa gimana?" bebernya.

Sidang Lanjutan, Ahmad Dhani Hadirkan Saksi Meringankan

Seperti diberitakan, Dhani Ahmad Prasetyo atau Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik oleh penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim pada Kamis (18/10/2018). Setelah penyidik mengantongi dua alat bukti, dan memeriksa sejumlah saksi termasuk ahli bahasa dan ahli pidana.

Politikus Gerindra itu dilaporkan Koalisi Bela NKRI dengan tuduhan ujaran kebencian karena menyebut kelompok penolak deklarasi #2019 Ganti Presiden di Surabaya dengan kata-kata 'idiot' pada Minggu 26 Agustus 2018.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini