Ma'ruf Amin: Santri Harus Berperan Penting bagi Negara

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 23 Oktober 2018 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 23 525 1967581 ma-ruf-amin-santri-harus-berperan-penting-bagi-negara-Q2uY8bgKTS.jpg (Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

CIREBON - Dalam memperingati Hari Santri Nasional, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH. Ma'ruf Amin berkunjung ke alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon, Senin 22 Oktober 2018.

Ma'ruf Amin tiba di Kota Cirebon, Jawa Barat sekira Pukul 14.30 WIB. Ia memakai pakaian khasnya yaitu sarung dan kopiah. Ia sendiri hadir sebagai tamu undangan dalam acara peringatan Hari Santri Nasional di Cirebon.

Foto: Ist

Dalam kunjungannya itu, Ia menyampaikan bahwa kemerdekaan yang diraih Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak lepas dari semangat jihad yang dimiliki para santri. Jika menengok sejarah, para santri juga telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan Tanah Air.

(Baca juga: Pesan Kebangsaan Kiai Ma'ruf Amin di Hari Santri Nasional 2018)

"Bahwasannya melawan dan mengusir penjajah adalah hukumnya fardu a'in (wajib yang diharuskan), " ujar Ma'ruf.

Ma'ruf juga mengatakan, momentum ini untuk memberikan semangat bagi para santri dalam membela NKRI. Artinya, santri harus memiliki peran penting dan dihargai, serta diperhitungkan negara.

Dalam konteks itu, santri haruslah menyiapkan diri agar bisa berkiprah lebih besar lagi. Tentunya, keberadaan pesantren pun harus terlihat sebagai wadah santri dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai kebangsaan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini