nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh, 3 Lokasi di Perumahan Mewah Balikpapan Ditempel Stiker PKI

Amir Sarifudin , Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 24 340 1968388 heboh-3-lokasi-di-perumahan-mewah-balikpapan-ditempel-stiker-pki-gVPu9S4Jwd.jpg Stiker PKI dipasang di sebuah pohon perumahan mewah Balikpapan (Foto: Amir Sarifudin)

BALIKPAPAN - Warga Balikpapan digegerkan dengan adanya stiker lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipasang pada sejumlah titik di perumahan mewah Balikpapan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur, Rabu (24/10/2018) pagi.

Setidaknya ada tiga lokasi yang sepertinya sengaja ditempeli stiker terlarang bergambar palu arit dengan warna stiker merah.

Lokasi pertama di Balikpapan Baru tepat didepan waduk mini. Kemudian, di halte Mall Balikpapan Baru dan Jalan Masuk Perumahan Wijaya Karya atau Wika yang bersebelahan dengan perumahan Balikpapan Baru.

Pemasangan ini menghebohkan sebab sejumlah pengguna jalan menepi karena adanya stiker terlarang itu. Bahkan, kepolisian setempat dan Lurah Gunung Samarinda Baru turun ke lokasi melihat langsung lokasi yang ditempeli stiker PKI tersebut.

Kejadian ini diperkirakan dipasang pada subuh atau malam karena lokasi jalan tersebut pada jam sibuk ramai digunakan sebagai akses yang menghubungkan Balikpapan Kota-Balikpapan Tengah dan Selatan.

“Itu kan jalur ramai meski perumahan. Kayaknya dipasang malam hari. Orang ini pasti sengaja untuk memancing suasana Balikpapan yang kondusif,” ujar warga Balikpapan Tengah Rabindra (41) yang sempat melintas tapi stiker sudah dilepas.

Lambang PKI ditempel di perumahan mewah Balikpapan 

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Tirta menyatakan pihaknya bersama TNI masih melakukan penyelidikan terkait pemasangan stiker di tiga tempat itu.

“Ada tiga lokasi di perumahan Balikpapan baru dua, di dekat perumahan Wika satu. Laporan masyarakat tadi pagi lalu babinkamtibmas kita turun mengecek dan benar itu lalu kita ambil langkah-langkah penyelidikan,” katanya.

(Baca Juga: Menelusuri Jejak "Kudeta" Berdarah G30S PKI)

Pihaknya masih mencari pelaku untuk mengetahui motif pelaku memasang stiker terlarang ini. “Apa motif yang melatari belakang pemasangan ini. Kita cari pelakunya,” tandasnya.

Pihak pemerintah Polri dan TNI bersama pemkot dalam unsure forum komunikasi pimpinan daerah serta tokoh-tokoh terkait sudah menggelar rapat bersama.

“Sudah diputuskan kita akan kerjasama dengan semua elmen untuk tetap ciptakan situasi kondusif. TNI dan Polri akan turun ke lapangan untuk menyelidiki lebih jauh, “ tambah Dandim Balikpapan Kol Inf Muhammad Ilyas.

Pihaknya belum dapat langsung menyimpulkan pemasangan simbol PKI ini sebagai wujud dari keberadaan PKI di Balikpapan. “Itu belum bisa kita simpulkan seperti itu. Yang jelas kita lakukan penyelidikan dulu. Yang jelas barang bukti kita amankan tinggal kita lakukan pencarian. Kita lakukan operasi intelejen,” katanya.

Ia menambahkan, persoalan ini tidak bisa dianggap remeh, namun masyarakat tidak perlu panik, dan seluruh elemen harus tetap waspada dan saling bekerjasama di lapangan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini