nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Group Gelar Literasi Media di Universitas Mercu Buana

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 17:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 24 65 1968432 mnc-group-gelar-literasi-media-di-universitas-mercu-buana-0SSaVmMQvS.jpeg Media literasi di Universitas Mercu Buana (Foto: Andrea/Okezone)

JAKARTA - MNC Group mengadakan seminar roadshow dengan mengunjungi universitas-universitas di seluruh Indonesia, salah satunya Universitas Mercu Buana. Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT MNC Group ke-29.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Ikuti Seminar Literasi Zaman Now di Universitas Brawijaya

Dengan tema “Literasi Zaman Now Untuk Generasi Milenial”, salah satu narasumber yaitu reporter MNC, Amanda Dasrul, menjelaskan bagaimana literasi media yang terjadi saat ini.

Amanda mengungkapkan media sosial yang digunakan generasi milenial memengaruhi pandangan orang lain tentang Indonesia. Oleh karena itu, Amanda menyarankan generasi milenial untuk menggunakan media untuk hal-hal yang positif salah satunya yaitu citizen journalism.

mercu

Dia menjelaskan teknik-teknik dasar pembuatan citizen journalism seperti 5W + 1H dalam berita yang akan dibawakan, komposisi gambar, suara, angle, editor video, dan judul yang menarik.

Baca Juga: Literasi Zaman Now, MNC Group Ajak Milenial Manfaatkan Gadget untuk Investasi

Amanda juga memberi tips saat ditanya bagaimana berita tetap eksis di kalangan masyarakat “Berita saya harus tajam, aktual, dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya di Universitas Mercu Buana, Rabu (24/10/2018).

Tak lupa, Amanda juga mengingatkan untuk para citizen journalism hal-hal yang harus dihindari dalam pembuatan berita seperti SARA, ujaran kebencian, pornografi, sadisme, dan bullying.

 mercu

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini