nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Amankan 25 Kg Sabu dan 50 Ribu Ekstasi dari Pengedar Antarprovinsi

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 26 340 1969206 polisi-amankan-25-kg-sabu-dan-50-ribu-ekstasi-dari-pengedar-antarprovinsi-lasCVJaOUR.jpg Polda Riau mengungkap peredaran narkoba antarprovinsi. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU – Polda Riau mengamankan sebanyak 25 kilogram sabu dan 50 ribu pil ekstasi. Narkoba tersebut diamankan dari pengedar antarprovinsi. Narkoba bernilai miliaran rupiah itu diamankan dari dua lokasi berbeda. Dalam kasus ini polisi menangkap dua orang yakni FZ dan RA.

"Ribuan butir pil ekstasi dan 25 kg sabu ini merupakan kasus berbeda, bukan satu jaringan," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Hariono, Kamis 25 Oktober 2018.

(Baca juga: Penjual Cairan Vape Berisi Narkoba Ditangkap, Pelaku Beroperasi via Medsos)

Pengungkapan berawal ketika beberapa waktu lalu warga menemukan ada mobil yang mencurigakan di Jalan Arifin Ahmad, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Warga kemudian menghubungi pihak kepolisian. Petugas langsung datang dan melakukan penggeledahan mobil.

"Saat penggeledahan itu ditemukan tas mencurigakan di dalam bagasi yang sudah dimodifikasi. Dari penggeledahan itu ditemukan sejumlah paket sabu dan ekstasi yang sudah dikemas. Namun saat itu tidak ditemukan pemiliknya," jelas dia.

Polisi selanjutnya melakukan pengembangan dan mendeteksi pemilik mobil tersebut. Setelah teridentifikasi, polisi membekuk FZ. Dari keterangan FZ masih ada narkoba lain yang disimpan di Medan, Sumatera Utara.

Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Kemudian dilakukan pengembangan ke Medan dan kembali didapati narkoba. Total barang bukti yang disita petugas berjumlah 20 kg sabu dan 50 ribu pil ekstasi.

"Dari pengakuannya, dia hanya diupah untuk mengantarkan narkoba tersebut ke Jakarta. Namun saat dikembangkan ke Jakarta tidak ditemukan si pemesannya," ungkap Hariono.

(Baca juga: Polrestabes Surabaya Bongkar Peredaran Narkoba Jaringan Internasional dan Lapas, 3 Pelaku Ditangkap)

Selain itu, Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau juga membongkar jaringan narkoba di Dumai. Dari tersangka RA diamankan barang bukti 5 kg sabu.

"Mereka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) juncto Pasal 112 Ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nmor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati," imbuhnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini