nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Group Ajak Mahasiswa Podomoro University Buat Karya Jurnalistik dari Gadget

Inews, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 26 65 1969518 mnc-group-ajak-mahasiswa-podomoro-university-buat-karya-jurnalistik-dari-gadget-zAVfWKGQOR.jpg MNC Group Gelar Media Literasi di Podomoro University (Foto: Inews)

JAKARTA - Generasi milenial tak bisa lepas dari gadget atau gawai. Namun, masih banyak dari generasi ini yang belum bisa menggunakannnya dengan baik dan positif.

Padahal, bila dimanfaatkan dengan bijak dan kreatif, banyak manfaat bisa didapatkan. Bijak bermedia sosial itu menjadi pembahasan dalam acara Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial yang digelar MNC Group di Podomoro University, Jakarta.

News Anchor MNC TV Amanda Dasrul yang menjadi salah satu pembicara mengatakan, gadget tak hanya sebagai sarana penunjang berkomunikasi dan menambah wawasan, namun juga bisa menjadi wadah untuk berkreasi.

"Ada sisi positif dan negatif. Dampak negatifnya, mulai jadi sarana penipuan dan kejahatan lainnya, juga yang marak saat ini menyebarkan hoaks atau berita bohong. Kita sebagai pengguna gadget, khususnya teman-teman yang berpendidikan, enggak boleh mudah gitu aja menerima berita hoaks," kata Amanda, Jumat (26/10/2018).

Baca Juga: Era Digital, MNC Group Ajak Ratusan Mahasiswa USNI Cerdas Memilih Informasi

Amanda lantas mengajak kepada mahasiswa Podomoro University untuk produktif dalam menggunakan gadget itu. Melalui teknologi gadget banyak karya-karya yang bisa dihasilkan. Bahkan, tak sedikit dari karya kita bisa dihargai oleh masyarakat.

Sebagai pegiat bidang jurnalistik, Manda lantas menjelaskan tentang citizen journalism sebagai salah satu karya yang bisa dimanfaatkan melalui gadget. Menurutnya, citizen journalism merupakan karya jurnalistik yang dilakukan oleh masyarakat di luar profesi jurnalis. Mereka turut serta membagikan informasi kepada khalayak luas.

"Tanpa kalian sadari, misalnya kalian nonton konser musik, terus kalian video in melalui Instagram stories. Nah teman-teman kalian yang enggak dateng di konser itu jadi tahu kan misalnya salah satu penyanyinya bawain lagu apa aja. Itu sebenarnya tanpa disadari, kalian itu sebenarnya udah lakukan citizen journalism," ucapnya.

Baca Juga: MNC Group Bedah Manfaat Gadget dengan Mahasiswa UPN

Tak cukup hanya itu, Manda pun mengatakan banyak produk citizen journalism yang lebih besar lagi dampak positif nya bagi masyarakat luas. Dia pun membeberkan tips untuk menghasilkan citizen journalism yang lebih profesional dan menarik.

"Pertama, ini penting banget. Kalian harus siapin poin 5W+1H-nya. Dengan begitu informasi atau video yang kalian bikin ini lebih terkonsep. Tidak hanya itu, dengan ini video kita lebih ada value nya buat viewers," kata dia.

Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial digelar untuk memeriahkan HUT ke-29 MNC Group. Selama 15-26 Oktober, seminar literasi digelar di 29 kampus di seluruh Indonesia. Acara ini sebagai bentuk kepedulian MNC Group pada pendidikan serta kualitas generasi masa depan bangsa.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini