Pilpres 2019 Dinilai Pemilu Paling Elite

Badriyanto, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 12:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 27 605 1969673 pilpres-2019-dinilai-pemilu-paling-elite-1LfRntz0Jd.jpg Pengamat Politik Ray Rangkuti (Foto: Badri/Okezone)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menyebut Pilpres 2019 sebagai pemilu yang paling elite dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya yang pernah diselenggarakan di Indonesia, baik dari segi sistem maupun orang-orang yang terlibat.

Ray Rangkuti menjelaskan, salah satu indikasi pemilu 2019 itu elitis karena aktor politik masih didominasi oleh pemain lama, banyak ketua-ketua umum partai yang masih menjabat hingga 4-5 kali.

"Artinya partai hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu yang memiliki akses kepada ketua umumnya dan elit partai lainnya," kata Ray disela-sela diskusi bertajuk 'Partai Dalam Garis Ambang Batas' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018).

Dengan demikian, hanya orang-orang tertentu pula yang punya kesempatan besar untuk melenggang lolos sebagai anggota DPR RI, didukung lagi dengan mekanisme penyelenggaraan pemilu yang syarat menguntungkan caleg nomor urut pertama.

(Baca Juga: Erick Thohir Minta TKD Solid dan Kompak Menangkan Jokowi-Ma'ruf)

Tidak hanya itu mekanisme pencalonan pemasangan capres-cawapres juga diangggap elit pada Pilpres 2019 ini. Aturan didesign seolah-olah hanya partai tertentu yang dapat mengusung pasangan calon.

"Politik saat ini menurut saya semakin elitis, partai politik yang lolos hanya yang dapat diatas 4 persen suara sah secara nasional. Saat yang bersamaan, capres-cawapres hanya dapat diusung dengan syarat yang sedimikian rupa," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini