nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Kelompok Muslim AS Galang Rp12 M untuk Korban Penembakan Sinagoge Pittsburgh

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 29 18 1970346 dua-kelompok-muslim-as-galang-rp12-m-untuk-korban-penembakan-sinagoge-pittsburgh-WaQ8bFqiJL.jpg Foto: Reuters.

PITTSBURGH – Penggalangan dana yang dibuat oleh dua kelompok Muslim untuk para korban penembakan sinagoga di Pittsburgh, Amerika Serikat (AS) berhasil mengumpulkan hampir USD80.000 (sekira Rp12 miliar).

AFP melaporkan, penggalangan dana yang diluncurkan melalui LaunchGood itu berhasil mencapai target awalnya sebesar USD25.000 dalam enam jam pertama dan mengumpulkan USD50.000 dalam waktu satu hari. Kini penggalangan dana itu ditargetkan dapat mencapai USD100.000.

BACA JUGA: Sederet Fakta terkait Penembakan Rumah Ibadah Yahudi di Pittsburgh

Dana yang dikumpulkan oleh kelompok CelebrateMercy dan MPower Change itu akan digunakan untuk kebutuhan jangka pendek dari korban yang terluka dari penembakan di Sinagoge Tree of Life, Pittsburgh yang terjadi pada Sabtu.

"Kami ingin merespons kejahatan dengan kebaikan, sebagaimana iman kami menginstruksikan kami, dan mengirim pesan belas kasih yang kuat melalui tindakan," kata kedua kelompok itu dalam pernyataan bersama yang dilansir Sputnik, Senin (29/10/2018).

Kedua kelompok itu ingin mendanai dana pemakaman bagi keluarga korban yang tewas dalam penembakan dan membayar dana perawatan bagi yang terluka.

"Melalui kampanye ini, kami berharap untuk mengirim pesan gabungan dari komunitas Yahudi dan Muslim bahwa tidak ada tempat untuk kebencian dan kekerasan jenis ini di Amerika," jelas kedua kelompok itu.

"Kami berdoa agar ini mengembalikan rasa aman dan damai kepada komunitas Yahudi-Amerika yang tidak diragukan lagi telah terguncang oleh peristiwa ini."

BACA JUGA: Penembakan Sinagoge Pittsburgh: Donald Trump Serukan Hukuman Mati

Pada Sabtu, 27 Oktober seorang pria bernama Robert Bowers menyerbu masuk ke dalam sinagoga Tree of Life di Pittsburgh, melepaskan tembakan dan meneriakkan cacian-cacian keagamaan. Aksi pria yang bersenjatakan senapan serbu dan tiga pucuk pistol itu menewaskan 11 orang.

Bowers sempat terlibat baku tembak dengan polisi sebelum akhirnya menyerah. Atas kejahatannya itu, Bowers didakwa dengan 29 tuntutan federal dan kemungkinan akan dijatuhi hukuman mati.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini