nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Unpad Juara Tiga di India berkat Limbah Makanan

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 29 65 1970379 mahasiswa-unpad-juara-tiga-di-india-berkat-limbah-makanan-nIR7qs9uVS.jpg Mahasiswa Unpad (Foto: Web Unpad)

BANDUNG – Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Tim Unpad yang terdiri dari lima mahasiswa ini berhasil meraih juara tiga dalam kompetisi IUFoST Rose Spiess Award for a Sustainable Food Suppy di Mumbai, India.

Kelima mahasiswa program studi teknologi pangan fakultas teknologi industri yang terdiri dari Isfari Dinika, Timothy Darmanto Wijaya, Florensia Irena, Fasya Utba, dan Dalih Dwi Hadiyan ini juga tergabung dalam tim Padjadjaran Food Research dan selalu berhasil meraih juara dalam ajang tahunan yang diikuti sejumlah mahasiswa dari penjuru dunia ini.

Baca Juga: Universitas Padjadjaran Segera Miliki Rektor Baru, 8 Kandidat Jalani Test

Dalam kompetisi ini, tim yang di bawah bimbingan dosen Robi Andoyo, PhD, menyampaikan ide terkait pemanfaatan limbah makanan untuk diolah menjadi edibel film untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan pengemas.

Salah satu anggota tim Isafari mengatakan, ide pemanfaatan limbah makanan untuk diolah menjadi edibel film muncul untuk menjawab permasalahan terkait tingginya limbah makanan yang dihasilkan dari konsumsi rumah tangga maupun rumah makan.

“Limbah makanan tentunya berpotensi mencemari lingkungan. Kemudian ide ini dikemas dalam tema the Potential of Indonesia Food Waste. Untuk inovasi konsepnya diharapkan nantinya dapat menyelesaikan permasalahan kemanan pangan serta mampu menjawab tantangan keberlanjutan untuk masa depan,” ujarnya yang dikutip Okezone dari laman Unpad, Senin (29/10/2018).

Kemudian Isafari menjelaskan pada saat kompetisi dilaksanakan, tim Unpad memaparkan ide dalam bentuk video yang menayangkan implikasi kemajuan ilmu dan teknologi pangan bagi kesejahteraan manusia. Video menampilkan beragam studi kasus di beberapa negara.

“Perolehan juara ini merupakan penghargaan pertama bagi kami, bagi mahasiswa prodi Teknologi Pangan Unpad di tingkat internasional,” ucapnya.

Baca Juga: Mahasiswa Unpad Kembangkan Nasi Herbal Anti Diabetes

Isafari berharap prestasi ini dapat mendorong mahasiswa untuk aktif berkompetisi di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Kompetisi ini merupakan bagian dalam rangkaian konferensi internasional The 19th IUFoST World Food Science and Technology Congress yang diselenggarakan di Mumbai, India pada (23 -27/10/2018) lalu. Pada tahun ini, kompetisi mengangkat tema Strengthen the Global Voice for Food Science and Technology for the Benefit of Humanity.

Penghargaan ini merupakan penghargaan pertama bagi mahasiswa program studi Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran didalam ajang kompetisi internasional. Fakultas Teknologi Industri Pertanian sangat mendorong mahasiswa untuk dapat berkompetisi pada tingkat nasional, regional maupun internasional sebagai langkah awal bagi program studi untuk mencapai pembelajaran dengan kualitas dunia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini