nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Juga Miliki Kotak Hitam seperti Pesawat Terbang, Ini Fungsinya

Mufrod, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 14:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 30 15 1970939 mobil-juga-miliki-kotak-hitam-seperti-pesawat-terbang-ini-fungsinya-d5OXLHlecs.jpg Kamera VRR perekam kondisi depan mobil mirip kotak hitam (Foto: Ist)

JAKARTA - Kotak hitam merupakan perekam yang digunakan untuk mengetahui penyebab terjadi kecelakaan ataupun kondisi darurat. Kotak hitam sendiri tak hanya dimiliki pesawat terbang, mobil pun saat ini dilengkapi dengan kotak hitam.

Salah satu mobil yang menggunakan kotak hitam yakni produsen mobil asal China DFSK, pada model GLory 580, sebuah kotak hitam yang terdapat di dalam mobil memiliki fungsi yang sama dengan kotak hitam dalam pesawat.

 

Teknologi perekam yang di beri nama Vehicle Running Recorder (VRR) merupakan teknologi yang merekam seluruh kondisi bagian mobil. DFSK menggunakan sebuah kamera yang ditempatkan di kaca bagian depan.

Seluruh kondisi perjalanan mobil bisa terekam melalui teknologi VRR ini. Dari hasil perekaman tersebut, akan tersambung dengan perangkat penyimpanan berupa SD Card yang juga telah terintegrasi pada sisitem VRR.

Semakin besar SD Card yang digunakan, maka durasi penyimpanan video hasil rekaman maka penyimpanan video akan semakin lama durasinya. Dengan adanya VRR ini, bisa mengungkap kondisi bagian depan mobil jika terjadi kecelakaan.

Alat seperti kotak hitam ini rencananya juga akan diterapkan kementerian perhubungan untuk transportasi armada kendaraan pariwisata, dan sistem tersebut akan terhubung menggunakan GPS, selain mengetahui lokasi tingkat kecepatan kendaraan juga bisa terpantau secara langsung.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini