nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah Teknik Industri, Kalau Lulus Bisa Bekerja Jadi Apa Saja?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 17:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 31 65 1971543 kuliah-teknik-industri-kalau-lulus-bisa-bekerja-jadi-apa-saja-KEX05pCF0P.jpg Lulus dari Fakultas Teknik bisa bekerja apa saja?

JAKARTA - Perkembangan industri saat ini mengubah peta lapangan pekerjaan. Banyak pergeseran yang membuat para mahasiswa menjadi bingung ketika kelak luluh kuliah. Pertanyaan umum yang melintas adalah 'Saya bisa bekerja di mana dan apa saja ya?'.

Kegundahan tersebut tidak terkecuali bagi mahasiswa yang tengah menempa ilmu pendidikan di fakultas Teknik Industri. Namun, jangan khawatir, ternyata fakultas ini memiliki lapangan pekerjaannya sangat luas.

Hal itu terungkap saat Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Yui Hastoro Sapardyanto saat memberikan kuliah umum di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) UNS.

Yui Hastoro menekankan, bahwa banyak keilmuan teknik industri yang sangat diperlukan dan dapat diterapkan pada industri otomotif.

“Ilmu Teknik Industri sangat bisa diterapkan di berbagai divisi di industri manufaktur. Misalkan, saya pernah ada di divisi Finance, saya tidak begitu dalam mengerti tentang akuntansi, tapi saya bisa menjadi kepala divisi karena saya sebagai seorang sarjana teknik industri menguasai sistem. Begitu juga di divisi-divisi yang lain. Jadi keilmuan teknik industri sangat dapat diterapkan,” ujar Yui Hastoro Sapardyanto di sela-sela memberikan kuliah, seperti dikutip dari situs UNS, Rabu (31/10/2018).

Staf Riset dan Development Himpunan Mahasiswa Teknik Industri FT UNS, Martha Widhi Dela Utami mengatakan, kuliah umum dan diskusi praktek keilmuan teknik industri ini membahas tentang penerapan keilmuan teknik industri pada industri otomotif khususnya praktek yang terjadi di PT TMMIN. Acara ini merupakan bagian dari Program Integrated and Valuable Orientation for New Generation of Industrian Engineer (Inventor) 2018 yang bertujuan untuk mengasah soft skill mahasiswa baru Teknik Industri FT UNS angkatan tahun 2018.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri FT UNS Arden Ridho Ilham juga menambahkan, kuliah umum ini membuat para mahasiswa khususnya mahasiswa baru mendapat pandangan lebih jelas mengenai penerapan keilmuan Teknik Industri yang telah diterapkan di PT TMMIN. “Jadi memang kuliah umum ini sangat bermanfaat,” katanya.

Sebagai informasi, PT TMMIN adalah anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation yang berpusat di Jepang. TMMIN berperan sebagai produsen dan pengekspor produk dan suku cadang Toyota. Saat ini TMMIN memiliki lima pabrik yang telah beroperasi di Sunter dan Karawang.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini