nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kemampuan Pemimpin yang Dianggap Paling Sulit

Sabtu 03 November 2018 07:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 02 65 1972487 5-kemampuan-pemimpin-yang-dianggap-paling-sulit-9SjYDNwOgH.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Menjadi pemimpin di sebuah organisasi memang tidak mudah. Seseorang perlu memiliki skill leadership yang mumpuni agar bisa menjadi pimpinan yang baik. Beberapa keahlian yang bisa dipelajari dan mesti dikuasai antara lain manajemen, komunikasi, hingga negosiasi.

Sebagian skill leadership mungkin sudah ada di dalam diri seorang calon pemimpin. Tapi, ada pula keahlian yang harus terus dilatih. Qerja.com merangkum beberapa skill leadership yang dianggap sulit dipelajari seperti dilansir Psychology Today:

Memberikan Masukan

Salah satu skill leadership yang sulit dipelajari adalah kemampuan memberikan masukan yang baik pada bawahan. Pemimpin tidak sekadar memberi nasihat saja. Tetapi, ia harus mampu memberikan saran dan kritik yang jujur dan konstruktif sehingga bawahan bisa tumbuh dan berkembang.

Baca Juga: 8 Tips Sukses Ala Steve Jobs, Nomor 1 Paling Penting!

Untuk itu, pemimpin perlu mengasah kemampuan komunikasi lebih baik. Dengan demikian, kritikan jujur tidak akan melukai hati bawahan, tetapi justru menjadi “cambuk” untuk bekerja lebih baik. Pemimpin juga harus memastikan agar setiap masukan yang diberikan pada sesi evaluasi bisa dicerna dengan baik, dan diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

Menjadi Motivator

Seseorang yang duduk di kursi pimpinan bisa mencapai puncak karir dengan susah payah. Tetapi, ia belum tentu bisa menularkan semangat dan memberikan motivasi pada bawahannya agar bisa mencapai kesuksesan dengan cara yang sama. Kebanyakan pemimpin hanya memberikan masukan secara umum dan berharap tim bisa bekerja secara optimal. Padahal, setiap orang bisa termotivasi dengan hal yang berbeda-beda.

kerja

Menurut teori kepemimpinan transformasional, pemimpin perlu mempelajari setiap kebutuhan, keinginan, dan kemampuan bawahannya. Untuk menguasai skill leadership tersebut, pemimpin harus punya waktu dan tenaga ekstra agar bisa “turun ke bawah”, mengenal staf terbaik dan memberikan motivasi dengan cara yang tepat.

Menerima Masukan

Ketika berada di posisi yang tinggi, terkadang seseorang mengabaikan masukan dari orang lain. Sebagian pemimpin tidak mau meminta, menerima, menanggapi saran dan kritik bawahan.

Kemampuan mendengar masukan dari orang lain merupakan skill leadership yang perlu diasah. Pemimpin harus melawan musuh dari dalam diri yaitu ego dan kesombongan. Cobalah untuk rendah hati agar Anda bisa menjadi pemimpin yang baik.

Baca Juga: Stop 28 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Berusia 30 Tahun

Berbicara di Saat yang Tepat

Ternyata, keahlian berbicara di saat yang tepat juga menjadi salah satu skill leadership yang sulit dipelajari. Mungkin Anda adalah orang yang percaya diri dan selalu mengungkapkan segala hal yang dipikirkan. Tetapi, terkadang diam adalah emas pada situasi tertentu.

Jadi untuk untuk bisa “berbicara di saat yang tepat”, Anda perlu mengasah kemampuan membaca situasi dan menempatkan diri. Pastikan setiap masukan yang Anda berikan bisa memberikan kontribusi besar pada organisasi.

Delegasi yang Efektif

Mendelegasikan tugas dengan tepat adalah salah satu skill leadership yang paling sulit untuk dipelajari. Keahlian ini mengandung unsur beberapa keterampilan lain, seperti pemahaman kapasitas dan keterbatasan bawahan. Pemimpin perlu membagi pekerjaan dengan staf yang bisa ditangani, tapi tidak membebani.

Masalah ini bisa dipecahkan dengan mempelajari evaluasi dan kinerja karyawan dari data terdahulu, memberikan variasi tugas, dan sebagainya. Hal ini untuk menguji tugas yang paling tepat bagi karyawan agar bisa dikerjakan dengan optimal.

Daftar skill leadership yang paling sulit dipelajari bukan tidak mungkin untuk dikuasai. Kuncinya, Anda tidak boleh berhenti belajar meski sudah berada di posisi puncak karir.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini