nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Hindari Jenuh di Kampus saat Pertengahan Semester

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Sabtu 03 November 2018 17:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 03 65 1972917 5-tips-hindari-jenuh-di-kampus-saat-pertengahan-semester-zUUOf8Tswu.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Memiliki banyak teman di kampus adalah salah satu hal yang penting. Bisa jadi, dengan banyak teman kamu bisa terhindar dari rasa jenuh di tengah semester. Maka dari itu kamu jangan munculkan rasa malas ketika ada orang baru.

Dilansir Okezone dari Hercampus.com, Sabtu (3/11/2018), berikut adalah lima hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri kamu bahagia, sehat, dan bersemangat untuk menjalani hingga akhir semester:

1. Jangan lupa rekreasi

Cobalah untuk bepergian sendiri atau bersama teman di sela kegiatan kampus itu sangat penting. Kamu tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa, kamu bisa pergi makan malam, menonton film, atau hanya ke mal setempat.

Baca Juga: Soft Skill Jadi Modal Penting untuk Generasi Z

Pergi sesaat dari kampus dapat mengingatkan kamu bahwa ada yang lebih penting daripada sekadar tugas, dan tekanan kelas. Cobalah untuk keluar sebanyak yang kamu bisa!

2. Cari kegiatan seperti memasak

Sepanjang hari di kelas, rapat dan acara organisasi, kamu mungkin belum sempat makan makanan yang sehat dan higenis. Sisihkan waktu supaya kamu bisa makan sesuatu yang sehat. Tidak harus istimewa, tetapi dengan memasak sendiri bisa membantu memulihkan diri dari hari sibukmu.

Seorang mahasiswa junior Queen's University di Kanada Greer Brodie-Hall mengatakan pada saat kegiatan perkuliahan dimulai, dirinya tidak ingin makan makanan diluar karena telah menguras uang jajanya, dan dia berupaya untuk masak dirumah.

Mahasiswa

“Saya sudah cukup banyak mengeluarkan uang dari rekening bank saya, jadi saya membuatnya menjadi tujuan untuk memasak di rumah. Saya terlalu sering makan di luar jadi saya membuat setidaknya lima makanan enak dalam seminggu di rumah dan ini adalah waktu belajar yang sangat bagus,” ucapnya

3. Berjalan Keliling Kampus Sesering Mungkin

Melakukan jalan-jalan bermanfaat ada dalam banyak hal, kamu bisa berjalan ke keliling kampus menghirup udara bebas untuk menjernihkan pikiran. Jalan-jalan di sekitar kampus itu bukan hanya untuk berolahraga saja, tetapi ini adalah waktu istirahat yang sangat baik dan kesempatan sempurna untuk menjernihkan pikiran supaya fokuskan kembali.

Memastikan kamu meluangkan waktu untuk berbicara dengan orang tua atau teman-teman kamu dari rumah adalah cara yang sangat mudah untuk menjaga diri kamu dari merasa terlalu terisolasi ketika kamu sedang stres atau kewalahan.

4. Tulislah Kegiatan Dalam Buku Catatan Setiap Hari

Meluangkan waktu untuk menuliskan apapun yang kamu rasakan atau apa yang kamu tekankan dan khawatirkan dapat benar-benar membantu menjernihkan pikiranmu. Menjaga semua yang terperangkap di dalam pikiran hanyalah sebuah resep untuk bencana.

Kamu bahkan tidak perlu menulis dalam catatan fisik, di era modern ini kamu bisa mengeluarkan smartphone kamu dan menuliskan beberapa hal di aplikasi catatan jika itu berfungsi lebih baik untukmu.

5. Jadwalkan Waktu Pribadi Setiap Hari

Sangat mudah untuk menentukan waktu dalam jadwal sibukmu untuk bertemu dengan seorang dosen, atau orang-orang penting perusahaan saat kamu bekerja, tetapi jauh lebih sulit adalah menentukan jadwal untuk waktu dirimu sendiri.

Cobalah luangkan waktu untuk diri kamu untuk bersantai. Bahkan jika hanya tiga puluh menit setiap malam, atau satu jam di pagi hari, carilah waktu untuk menjaga dirimu dari kesibukan.

Tidak masalah jika kamu hanya melakukan salah satu dari ini, atau jika kamu melakukan semuanya, fokus pada diri sendiri semester ini adalah sesuatu yang harus ada di bagian atas daftar tugasmu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini