nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutup AYIC 2018, Riaz: Generasi Muda Jangan Pecah Karena Perbedaan

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 11:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 04 244 1973083 tutup-ayic-2018-riaz-generasi-muda-jangan-pecah-karena-perbedaan-82doLtPPc7.jpg

KARANGASEM - Direktur Kerjasama ASEAN di Bidang Sosial Budaya Riaz J P Saehu, secara resmi menutup ASEAN Youth Interfaith Camp 2018 (AYIC 2018). Upacara penutupan sendiri berlangsung di Pura Den Becingah, Karangasem, Bali, pada Sabtu 3 November 2018.

AYIC 2018 sendiri diikuti oleh 22 peserta dari kalangan mahasiswa yang merupakan perwakilan dari beberapa negara ASEAN yang ada. Dalam pidato singkat pada upacara penutupan tersebut, Riaz berharap event ini bisa jadi pelajaran bagi generasi muda agar mampu menyerap nilai-nilai toleransi keberagaman seperti yang mereka lihat di Indonesia.

Selain itu, ia juga mengatakan event AYIC 2018 memiliki tujuan untuk mengedukasi generasi muda agar lebih memahami arti toleransi keberagaman di tengah zaman digital saat ini. Untuk menanamkan keharmonisan dan saling menghargai perbedaan yang ada.

"Kita bangsa Indonesia harus bangga bagaimana kita mengatur perbedaan kehidupan beragama dan harmonis. Pada dasarnya keragaman itu aset dan keharmonisan kehidupan beragama kita itu aset untuk menghadapi tantangan dunia. Saya ingin beri pesan ke peserta, kita dapat anugerah untuk hidup di tengah keberagaman untuk menuju kepentingan bersama," " jelas Riaz dalam acara penutupan AYIC 2018.

"Nilai-nilai toleransi dan keharmonisan, kita punya kemampuan untuk menanamkan itu. Kita punya sejarah kebersamaan sejak dahulu, dan kebersamaan itu relevan hingga sekarang. Kita punya ASEAN untuk menyatukan tujuan bersama. Kita punya internet yang seharusnya dapat semakin menyatukan kita, meningkatkan kemanusiaan. Teknologi untuk menyatukan, bukan justru semakin menajamkan perbedaan," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini