nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,4 SR di Bengkulu Dirasakan di 9 Kabupaten & 2 Provinsi

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 00:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 04 340 1973006 gempa-5-4-sr-di-bengkulu-dirasakan-di-9-kabupaten-2-provinsi-jyvn1zE84V.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BENGKULU - Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) di Kota Bengkulu, Sabtu (3/11/2018), malam ikut dirasakan sembilan kabupatan/kota didua provinsi. Seperti Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Untuk di Bengkulu, gempa tektonik yang terjadi sekira pukul 22.58 WIB itu dirasakan di wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Bengkulu Tengah.

Sementara di Provinsi Sumatera Selatan dirasakan ditiga kabupaten/kota. Seperti, di Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuk Linggau, dan Kabupaten Lahat. Meskipoun demikian, gempa yang berada di 55 kilometer (KM) Barat Daya Kota Bengkulu, dengan kedalaman hiposenter 59 KM tersebut tidak berpotensi tsunami.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa yang berpusat di Barat Daya Kota Bengkulu itu dirasakan masyarakat Kota Bengkulu III - IV MMI, Kabupaten Kaur, II - III MMI, Mukomuko, III MMI, Kepahiang, III MMI, Bengkulu Selatan, III MMI dan Bengkulu Tengah, III MMI.

 (Baca juga: Bengkulu Diguncang Gempa 5,4 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah)

gempa

Sementara di Kabupaten Empat Lawang, II - III MMI, Kota Lubuk Linggau : II - III MMI, dan Kabupaten Lahat, II - III MMI. Di mana saat terjadinya gempa, wilayah Kota Bengkulu dan sekitarnya sedang dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Gempa di Kota Bengkulu, sampai Sabar, dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu dan Sumatera Selatan, lantaran disebabkan adanya penyusupan subduksi lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera. Di mana gempa tersebut masuk dalam kategori dangkal.

Selain itu, jelas Sabar, gempa tersebut relatif dekat dengan daratan atau garis pantai sehingga jangkauan getaran gempa di Kota Bengkulu cukup banyak dirasakan di daerah di Bengkulu dan Sumatera Selatan.

''Gempa disebabkan adanya aktivitas subduksi lempeng. Gempa ini kategori dangkal. Gempa di Kota Bengkulu relatif dekat dengan daratan atau garis pantai, sehingga jadi jangkauan getaran cukup luas dirasakan,'' kata Sabar, Sabtu (3/11/2018) malam.

Gempa bumi di Kota Bengkulu, lanjut Sabar, hingga saat ini belum adanya terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Meskipun demikian, masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera. Selain itu, gempa di Kota Bengkulu juga belum adanya laporan kerusakan bangunan. Baik itu bangunan pemerintah maupun masyarakat.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,'' pungkas Sabar.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini