nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bertahan Buat Anak Kos hingga Akhir Bulan

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 04 65 1973153 cara-bertahan-buat-anak-kos-hingga-akhir-bulan-vEeVoL6hYV.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Mahasiswa identik dengan yang namanya kosan. Bagi mahasiswa yang datang dari luar kota, kosan sangat penting karena menjadi tempat tinggal selama dirinya menimba ilmu di kampusnya.

Bagi yang lainnya, kosan biasa dijadikan tempat untuk kerja kelompok atau tempat istirahat menunggu sesi mata kuliah selanjutnya dimulai.

Bagi mahasiswa perantau, tentu harus bisa menjalani hidup dengan uang terbatas. Selain untuk mencukup hidup selama 1 bulan, mahasiswa perantau wajib membayar tempat tinggal sewa atau kosannya.

Baca Juga: Kuliah Teknik Industri, Kalau Lulus Bisa Bekerja Jadi Apa Saja?

Untuk itu, menjadi seorang anak kosan atau perantau tentunya kamu harus hemat dalam segi pengeluaran dan menahan untuk membeli sesuatu yang kita inginkan itu tidaklah mudah, bahkan untuk kamu hidup di kota besar harus memiliki trik untuk bertahan dengan keuangan kamu saat ini.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, agar anak kosan dapat bertahan hingga akhir bulan tentunya harus pintar dalam mengatur keuangan.

“Caranya itu setiap kali habis gajian atau menerima income, buatlah list alokasi kebutuhan rutin kita. Dari list tersebut kita bisa filtering mana yang benar-benar kita butuhkan dan mana yang kurang dibutuhkan,” ujarnya kepada Okezone, Minggu (4/11/2018)

Kemudian dari list hal-hal yang dibutuhkan, lanjut Andi lebih baik di saring lagi mana yang penting untuk dipenuhi dan mana yang masih bisa untuk ditunda.

Baca Juga: Stanford University Jadi Kampus Paling Inovatif, Ini Rahasianya!

“Maka dari list tersebut mereka akan tahu mana yang dibutuhkan dan urgent dalam pemenuhannya tersebut. Lebih memilih mana prioritas kita dalam membelanjakan uang. Tentu saja disesuaikan juga dengan pendapatan kita,” ucapnya

Menurut Andi mayoritas anak kosan masih berstatus single, maka prioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan bayar uang kos dan menabung.

“Tujuannya nabung adalah bisa untuk persiapan menikah atau memiliki rumah sendiri. Dan hal yg harus dihindari adalh gaya hidup yang berlebihan dan sebaiknya disesuaikan kembali dengan penghasilan kita,” jelas Andi.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini