nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Merek Sepeda Motor yang Jadi Pilihan Jokowi

Mufrod, Jurnalis · Senin 05 November 2018 13:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 05 15 1973453 dua-merek-sepeda-motor-yang-jadi-pilihan-jokowi-7CpmYvIrsZ.jpg Kawasaki W175 versi modifikasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Jokowi memiliki hobi mengendarai sepeda motor, hal terserbut bahkan dilakukan saat tengah melakukan tugas kenegaraannya. Seperti meninjau proyek pembangunan maupun blusukan ke suatu daerah.

Memiliki hobi mengendarai sepeda motor bukan berarti Jokowi memanfaatkan fasilitas negara, dirinya membeli sepeda motor custom yang dibelinya dari rumah modifikator tanah air. Yang cukup menarik presiden Jokowi rupanya menyukai sepeda motor dengan model klasik ataupun vintage.

 

Terbukti dari dua sepeda motor yang kini dimilikinya memiliki basis motor klasik yang diambil dari produsen merek Royale Enfield dan Kawasaki W175. Kedua model tersebut masing-masing memiliki bentuk asli pabrikan dengan gaya vintage.

Seperti Royale Enfield 350 yang di ubah dengan gaya Chopper merupakan sepeda motor yang memiliki bentuk desain klasik. Model tersebut juga sama dengan Kawasaki W175 yang memberikan tampilan klasik tak jauh beda dengan Royale Enfield.

Meski tidak diketahui pasti mengapa Jokowi memilih basis sepeda motor dengan tampilan klasik, namun kedua merek Royale Enfield dan Kawasaki secara khusus dinilai Jokowi sebagai tunggangan yang nyaman terlepas dari konsep modifikasi yang diusung para builder yang juga sangat memperhitungkan kenyamanan berkendara untuk orang nomor satu di Indonesia tersebut.

 

Sepeda motor pertama Jokowi yang di modifikasi gaya chopper merupakan Royal Enfield Bullet yang memiliki mesin satu silinder dengan kapasitas 346cc konfigurasi overstoke dengan diameter piston 70 milimeter, sistem pengabut bahan bakar masih menggunakan karburatur dan belum injeksi.

Kawasaki W175 yang menjadi tunggangan terbaru Jokowi memiliki spesifikasi mesin satu silinder berkapasitas 177 CcMesinnya masih sama, 177cc satu silinder karburator, dengan muntahan power maksimum 9,6 kW di 7.500 rpm dan torsinya 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Kawasaki W175 merupakan sepeda motor terbaru yang dimiliki Jokowi dan hari Minggu (4/11/2018) kemarin digunakan untuk melakukan blusukan ke pasar Anyar, Banten.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini