nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Risiko Jika Sepeda Motor Terapkan Standar Euro4

Mufrod, Jurnalis · Senin 05 November 2018 16:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 05 15 1973563 ini-risiko-jika-sepeda-motor-terapkan-standar-euro4-3JXCXrx6iJ.jpg Pabrik perakitan sepeda motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penerapan standar emisi Euro4 yang saat ini baru diberlakukan untuk industri automotif roda 4 memang belum diterapkan untuk produsen sepeda motor. Namun, jika peraturan tersebut akan diberlakukan produsen siap melaksanakannya.

Produsen sepeda motor seperti diungkap Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johanes Loman, hanya perlu menambahkan beberapa komponen agar sesuai dengan regulasi emisi yang telah ditetapkan.

 

"Pada prinsipnya kami selaku industri siap dengan regulasi Euro4 jika pemerintah memberlakukannya kepada produsen sepeda motor. Kita tinggal menambahkan komponen pendukungnya," ungkap Loman kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Meski demikian, menurut Loman, produsen akan menaikkan harga sepeda motor jika penyesuaian regulasi mulai diterapkan. Mengingat adanya penambahan komponen yang terdapat pada sepeda motor.

 

"Untuk menerapkan standar Euro 4 itu kan harus menggunakan komponen tambahan, biayanya juga tidak sedikit sehingga harga motornya pun pasti akan lebih mahal. Saya kira, kita harus memikirkan konsumen, karena saat ini motor dipakai sebagai alat transportasi utama," ujarnya.

Saat ini sepeda motor belum menerapkan standar Euro 4. Akan tetapi, dia tak menampik jika suatu saat nanti sepeda motor memungkinkan ikut dalam regulasi Euro 4.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini