nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Motor Sudah Seharusnya Terapkan Rem ABS di Semua Model

Mufrod, Jurnalis · Senin 05 November 2018 18:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 15 1973647 produsen-motor-sudah-seharusnya-terapkan-rem-abs-di-semua-model-dYVApTtUDg.jpg Teknologi ABS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar sepeda motor nasional sampai saat ini masih menggunakan teknologi rem ABS untuk beberapa model tertentu. Selain di kelas sport, motor dengan kapasitas mesin 150 Cc pun belum semua mengadopsi ABS.

Belakangan di acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, produsen Yamaha sendiri mulai unjuk gigi dengan menawarkan teknologi rem ABS untuk model skuter matik bermesin kecil yakni 125 Cc.

Jika melihat rencananya, dua tahun lalu Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang kala itu dijabat Gunadi Sindhuwinata telah mengungkap akan hadirnya regulasi dan kesepakatan secara international mengenai penggunaan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) pada semua jenis sepeda motor.

 

Dirinya juga mengungkap regulasi tersebut mengharuskan seluruh produsen menggunakan ABS sebagai standar teknologi pengereman yang harus ada pada setiap model yang diproduksi di tanah air.

Hingga saat ini belum ada regulasi terkait standarisasi penggunaan rem ABS untuk semua model sepeda motor yang diproduksi di Indonesia. Dan Yamaha saat ini menjadi produsen yang mengusung teknologi ABS untuk model sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil.

 

Yamaha FreeGo merupakan skuter matik low end dengan kapasitas mesin 125 Cc. Saat ini produsen berlambang trisula tersebut sudah tidak memiliki model dengan mesin 110, seluruhnya digantikan dengan model mesin paling kecil 125 Cc.

Yamaha FreeGo dibanderol dari Rp 18,5 juta hingga Rp 22,5 juta on the road DKI Jakarta. Sementara Vario melihat dari situs resmi Astra Honda Motor (AHM), varian 110 dijual Rp 16,925 juta hingga Rp 17,825 juta, dan tipe 125 dari Rp 19.2 juta hingga Rp 20 juta ziDKI Jakarta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini