nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

13 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Tak Terduga

Vanni Firdaus Yuliandi, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 07:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 65 1973551 13-pertanyaan-wawancara-kerja-yang-tak-terduga-oZRFYLaPB5.png Wawancara Kerja (Foto: Shuttterstock)

JAKARTA – Perusahaan saat ini tidak hanya mencari kandidat pekerja dengan keterampilan teknis dan pengalaman bertahun-tahun saja. Ternyata sekarang, setiap perusahaan merekrut orang yang juga memiliki suatu yang unik untuk ditawarkan, seperti kepribadian yang hebat dengan kemampuan soft skill yang kuat.

"Bahkan, jika mereka menemukan calon karyawan yang memiliki pengalaman kurang dari pesaing mereka, tetapi memiliki potensi pertumbuhan yang lebih kuat dan tampaknya menjadi budaya yang lebih baik, manager perekrutan mungkin merasa terdorong untuk mempekerjakan orang itu," kata CEO Execu Search Edward Fleischman.

Dalam upaya untuk menemukan karyawan baru yang cocok dengan segala macam budaya besar, pengusaha lebih menekankan pada soft skill, seperti organisasi, komunikasi, kepemimpinan, inisiatif, dan kemampuan untuk berpikir kamu.

Baca Juga: Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja

Untuk mengetahui apakah kandidat memiliki keterampilan soft skill atau kepribadian yang sesuai dengan yang manager perekrutan cari, para pengusaha akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Berikut pertanyaan yang dilansir Okezone dari Business Insider. Selasa (6/11/2018) :

1. Apa tugas atau keterampilan baru terakhir yang kamu pelajari, dan bagaimana kamu melakukannya?

"Pengusaha mengajukan pertanyaan ini untuk mengevaluasi bagaimana seorang kandidat memandang pengembangan profesional mereka sendiri," kata Fleischman.

Dia merekomendasikan, menjawab dengan detail tentang bagaimana kamu mempelajari keterampilan baru. Tekankan bahwa kamu ingin tahu dan terus belajar hal-hal baru tentang profesimu.

2. Ceritakan kepada saya tentang waktu yang kamu lakukan lebih dari apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan

Orang yang mewawancara kamu itu ingin memastikan bahwa kamu berkomitmen untuk menjadi yang terbaik.

Baca Juga: Seberapa Penting IPK dalam Pencarian Kerja?

“Berikan contoh waktu di mana kamu pergi di atas dan melampaui panggilan tugas. Ini juga akan membantu menunjukkan bahwa kamu peduli dengan kualitas pekerjaan kamu,” ujar Fleischman.

3. Jika sahabat kamu duduk di sini, apa yang akan mereka katakan adalah bagian terbaik tentang menjadi temanmu.

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk membawa rasa kejujuran dan keterbukaan dalam seorang kandidat.

“Belajar tentang apa yang membuat seorang pelamar menjadi teman yang baik untuk memungkinkan atasan untuk merasa lebih baik apakah mereka akan cocok dengan budaya perusahaan,” kata Fleischman.

(Feb)

4. Jika kamu dapat mengubah satu hal tentang cara kamu mendekati tantangan, apakah itu?

Fleischman mengatakan pertanyaan ini akan menempatkan kandidat di tempat, dan memungkinkan manajer perekrutan untuk mengevaluasi kesadaran diri kandidat dan kemampuan untuk mengakui ada beberapa aspek dari kehidupan profesional mereka yang ingin mereka tingkatkan.

“Karena kerendahan hati adalah kualitas penting bagi banyak pengusaha, tanggapan terhadap pertanyaan ini adalah sesuatu yang mereka dengarkan dengan seksama,” tambahnya.

5. Jika kamu adalah hewan, apa yang akan kamu lakukan dan mengapa?

Menurut Fleischman penyelidikan ini adalah favorit di antara manajer perekrutan. Karena ini memungkinkan mereka untuk tidak hanya mengevaluasi seberapa cepat seseorang dapat berpikir di atas kaki mereka, tetapi juga membutuhkan kandidat untuk melakukan beberapa tingkat kreativitas dalam waktu yang relatif singkat.

Baca Juga: Mau Interview Kerja? Kenali 5 Tipe Pewawancara dan Cara Menghadapinya

“Ini adalah dua keterampilan yang dapat diterapkan untuk memecahkan hampir semua tantangan bisnis,” ucapnya.

6. Apa momen paling memuaskan dalam hidupmu?

Ketika manager perekrutan mengajukan pertanyaan ini, mereka mencari tahu apa yang memotivasi seorang kandidat dan apakah nilai mereka sesuai dengan budaya perusahaan, kata Fleischman.

7. Bagaimana atasan terakhir kamu menggambarkan kamu dalam tiga kata?

"Penyelidikan ini memberi pemberi kerja gambaran sekilas tentang bagaimana orang lain melihat nilai profesional kandidat," kata Fleischman.

8. Apa yang mendorong kamu dalam kehidupan profesional kamu?

Pengusaha mengajukan pertanyaan ini untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang memotivasi seorang kandidat baik dalam karir mereka dan sebagai karyawan potensial.

Baca Juga: Minta Bantuan Orangtua untuk Cari Kerja, Kenapa Tidak?

“Karena kecocokan budaya menjadi lebih penting bagi pengusaha dan bisnis mereka secara keseluruhan, banyak yang mencari kandidat yang tujuannya sejalan dengan mereka, dan mengajukan pertanyaan ini memungkinkan mereka untuk menilai apa sebenarnya tujuan kandidat,” kata Fleischman.

9. Apa yang mendorong kamu dalam kehidupan pribadimu?

Pada catatan yang sama, pertanyaan ini bertujuan untuk menyelidiki kepribadian kandidat dan menilai kecocokan budaya mereka dengan lebih baik.

“Dengan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan non-kerja pencari kerja, dan dengan belajar tentang apa yang mendorong mereka secara pribadi, seorang pengusaha dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang jenis kepribadian yang akan mereka bawa ke perusahaan,” kata Fleischman.

Kemudian melukiskan gambar tujuan pribadi kandidat supaya dapat membantu pengusaha lebih memahami bagaimana motivasi mereka pada umumnya.

(Feb)

10. Jenis hobi apa yang kamu nikmati di luar pekerjaan?

Fleischman mengatakan sama seperti belajar tentang apa yang mendorong seseorang dalam kehidupan pribadi mereka, menemukan bagaimana seseorang menghabiskan waktu di luar pekerjaan dan kegiatan khusus apa yang mereka sukai dan investasikan dapat memberikan pandangan yang menarik tentang kepribadian mereka.

Selain itu, hobi dapat diterjemahkan ke dalam keterampilan softskill dan hardskill khusus yang dapat diterapkan untuk banyak pekerjaan, dan pengusaha sering tertarik untuk mempelajari apa yang ditawarkan calon di luar bagian keterampilan resume mereka.

11. Bisakah kamu membawa saya melalui skenario di tempat kerja yang sangat menegangkan bagi kamu, dan bagaimana kamu menanganinya?

Pertanyaan ini menunjukkan tidak hanya kemampuan kandidat untuk berpikir di atas kaki mereka, tetapi juga kemampuan mereka untuk menjadi diplomatik, kata Fleischman.

Misalnya, jika situasi stres disebabkan oleh kesalahan orang lain, apakah kandidat dapat membicarakannya dengan cara yang profesional dan bijaksana? Atau, jika situasi yang menegangkan adalah karena kesalahan mereka sendiri, itu menunjukkan banyak hal tentang seorang kandidat, jika mereka dapat bertanggung jawab untuk itu dalam penjelasan mereka.

12. Jika kamu bisa bertemu selebriti, siapa mereka dan mengapa melakukannya?

Banyak orang mengagumi selebriti dan tokoh masyarakat tertentu. Belajar tentang siapa kandidat yang paling bersemangat untuk bertemu menawarkan sudut pandang lain yang menarik tentang kepribadian dan nilai-nilai mereka, terdapat dua faktor penting dari kesesuaian budaya.

13. Apakah kamu pernah bermain di tim olahraga?

Jawaban atas pertanyaan ini dapat mengungkapkan ciri-ciri kepribadian yang penting bagi perusahaan tertentu, tergantung pada sifat bisnis mereka.

"Misalnya, mantan atlet bisa menjadi pemain tim yang hebat atau, tergantung pada olahraga atau posisi yang mereka mainkan, dapat berkembang dengan baik saat bekerja sendiri," kata Fleischman.

Karena atlet sering memiliki sifat kompetitif, yang bisa baik ataupun buruk.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini