nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Tak Lagi Membutuhkan Pengisian Baterai Cara Konvensional

Mufrod, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 06 15 1973968 mobil-listrik-tak-lagi-membutuhkan-pengisian-baterai-cara-konvensional-ZuptNtUhTA.jpg Mobil listrik Hyundai (foto: Gaadiwaadi)

SEOUL - Teknologi mobil listrik yang sudah mengarah pada produksi massal saat ini, masih terkendala dengan pembangunan infrastruktur pengisian tenaga listrik yang dibutuhkan banyak produsen untuk mendukung penjualan produknya.

Namun mahalnya pembangunan infrastruktur tersebut, membuat dua produsen mobil Korea yakni Hyundai dan KIA mengembangkan teknologi baru untuk melakukan pengisian tenaga baterai untuk mobil listriknya.

 

Salah satu teknologi yang akan digunakan Hyundai dan KIA yakni dengan menggunakan panel surya untuk melakukan pengisian tenaga baterai yang dibutuhkan. Panel surya akan memanfaatkan tenaga panas matahari menjadi energi yang disalurkan untuk pengisian tenaga baterai.

Hyundai dan KIA seperti dikutip dari Gaadiwaadi, mengungkap akan memasangkan panel surya tersebut dibagian atap mobil. Kedua produsen rencananya akan meluncurkan model mobil listrik dengan atap panel surya pada 2020 mendatang.

Sebelumnya Toyota sendiri telah menggunakan panel surya untuk sistem pengisian tenaga baterai Prius, namun Hyundai dan KIA mengklaim sistem pengisian tenaga listrik yang dikembangkannya berbeda dengan Toyota.

Seluruh tenaga listrik yang dipasok dari panel surya akan disalurkan langsung untuk penggerak motor listrik dan bisa juga untuk melakukan pengisian baterai.

 

Pabrikan Korea sedang mengerjakan tiga sistem pengisian solar karena sistem atap matahari silikon generasi pertama akan digunakan pada kendaraan Hybrid dan panel ini dapat dipasang pada atap normal.

Sistem ini sangat efektif sehingga jika kondisi cuaca sempurna, maka baterai dapat diisi antara 30 dan 60 per kapasitas dalam sehari.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini