nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Helm Anti-Ngantuk Ini, Bisa Tekan Angka Kecelakaan Bikers di Jalan Raya

Mufrod, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 15:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 06 15 1974043 helm-anti-ngantuk-ini-bisa-tekan-angka-kecelakaan-bikers-di-jalan-raya-xcUKa7LjA0.jpg helm anti-ngantuk (foto: ist)

JAKARTA - Angka kecelakaan selama Januari hingga Mei 2018 tercatat naik 7 persen. Penyebabnya akibat kelelahan dan mengantuk saat berkendara.

Kesadaran pengendara yang terus memaksakan diri tanpa mengukur kekuatan daya tahan tubuh yang telah mengantuk menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Berangkat dari permasalahan tersebut, siswa SMA Kanaan Tangerang menciptakan teknologi helm anti-ngantuk.

 

Teknologi yang dikembangkan para pelajar menengah atas ini, memungkinkan pengendara mendapat peringatan dini dalam bentuk suara. Pengendara akan diperingatkan jika kordinat helm miring ke kanan, kiri ataupun belakang.

"Sistem sensor kordinat yang digunakan bekerja saat helm atau kepala miring ke samping kiri, kanan dan belakang. Maka sensor akan mengirimkan sinyal melalui modul untuk mengaktifkan peringatan dini melalui suara," ungkap Hadi Lambang Wibowo, Mentor Robotic SMA Kanaan, Tangerang, saat dihubungi Okezone, Selasa (6/11/2018).

 

Sensor kordinat menurut Hadi juga bisa diseting sesuai kebutuhan, dimana tingkat kemiringan serta titik kemiringan kepala disesuaikan. Bahkan perangkat helm anti-ngantuk ini juga bisa diubah dengan perangkat getar sebagai sistem peringatan dini.

Teknologi helm anti-ngantuk yang diciptakan pelajar SMA Kanaan ini pernah di lombakan di ajang Asean Junior Robotic yang berlangsung di Malaysia. Teknologi helm anti-ngantuk ini mendapat juara kedua tingkat Asian.

Berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya kecelakaan lalu lintas Januari-Mei 2018 terjadi kecelakaan sebanyak 2.387 kasus, dengan total korban jiwa sebanyak 242 orang, 364 korban luka berat dan 2.237 luka ringan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini