nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahan Karbon Fiber Mobil Setara Baja saat Uji Tabrak

Mufrod, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 06 15 1974127 bahan-karbon-fiber-mobil-setara-baja-saat-uji-tabrak-Kjr0zzj5hr.jpg Uji tabrak mobil dengan bodi karbon fiber (foto: Autoevolution)

SWEDIA - Produsen automotif khususnya mobil saat ini terus berlomba menciptakan sesuatu yang baru, selain teknologi mobil listrik ataupun energi terbarukan.

Perusahaan asal Amerika Serikat, Polestar 1 salah satunya yang tengah mengembangkan bodi mobil menggunakan material fiber karbon. Tahap penggunaan material ini saat ini telah masuki proses uji tabrak.

 

Berdasarkan data hasil uji tabrak yang dilakukan, produsen Polestar 1 mengungkap bahwa reduksi benturan saat uji tabrak, kemampuan material karbon fiber setara dengan material baja. Dimana saat tabrakan, energi benturan mampu terserap oleh struktur bodi mobil.

Bahkan material karbon saat ditabrakkan masih mempertahankan struktur kaku dan tidak menunjukkan tanda-tanda bengkok atau melepas energi tabrakan tersebut.

“Kami sangat gembira dengan uji coba tabrakan ini. Uji tabrakan pertama Polestar 1 telah membahas tentang hal-hal yang tidak diketahui, ”kata dalam pernyataan Thomas Ingenlath, CEO Polestar.

 

Dengan hasil pengujian ini, perusahaan Polestar rencananya akan mulai menggunakan material karbon untuk produksi mobil listriknya tahun depan.

“Ini adalah titik bukti penting dalam pengembangan Polestar 1; kami harus tahu bahwa ide dan kalkulasi yang digunakan untuk membangun mobil ini benar - dan memang benar,” ungakap Thomas seperti dikutip dari autoevolution, Selasa (6/11/2018).

 

Model yang akan diluncurkan tahun depan dengan material karbon, merupakan mobil dengan tenaga hybrid yang memiliki dua motor listrik dan mesin konvensional. Tenaga yang mampu diletupkan mencapai 600 tenaga kuda dan 1.000 Nm. Untuk tenaga baterai dalam kondisi penuh mampu mencapai jarak 150 kilometer.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini