nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jet Rusia Lakukan Manuver "Berbahaya" Saat Cegat Pesawat AS di Laut Hitam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 06 18 1973927 jet-rusia-lakukan-manuver-berbahaya-saat-cegat-pesawat-as-di-laut-hitam-RdaaGv3N1h.jpg Foto: YouTube/US Navy.

WASHINGTON – Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) mengatakan bahwa jet tempur Su-27 Rusia telah mencegat dan pesawat pengintai EP-3 milik AS di atas Laut Hitam dengan cara yang berbahaya dan “tidak aman”. US Navy mengunggah video yang memperlihatkan pertemuan kedua pesawat itu untuk mendukung klaimnya.

Dalam video tersebut, terlihat Su-27 Rusia mendekati pesawat mata-mata AS, memperlihatkan lambungnya sebelum mengaktifkan afterburner dan melesat pergi. Jet tempur tersebut tampak dilengkapi dengan senjata, termasuk beberapa rudal yang terlihat di sayapnya.

US Navy mengatakan, jet tempur Rusia itu membuntuti pesawat EP-3 AS selama sekira 25 menit dan menegaskan bahwa pesawat mereka beroperasi sesuai dengan hukum internasional.

“Interaksi ini dinyatakan tidak aman karena Su-27 melakukan lintasan berkecepatan tinggi langsung di depan pesawat misi, membahayakan pilot dan kru, ” demikian pernyataan dari US Navy yang dilansir RT, Selasa (6/11/2018).

Insiden itu dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia yang menyatakan bahwa Su-27 menjaga jarak yang aman dengan EP-3. Moskow berkeras tidak ada pelanggaran dalam kontak kedua pesawat tersebut.

"Awak pesawat tempur melaporkan mengidentifikasi pesawat pengintai elektronik AS dan mengawalnya untuk mencegah pelanggaran perbatasan Rusia, dengan mengikuti semua pedoman keselamatan," demikian pernyataan dari kementerian pertahanan.

Berdasarkan data kementerian itu, sedikitnya 17 pesawat dan drone asing melakukan penerbangan mata-mata di dekat perbatasan Rusia dalam sepekan terakhir. Rusia mengerahkan jet tempurnya empat kali dari semua insiden itu guna menjaga agar tidak terjadi pelanggaran wilayah perbatasan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini