nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Media: Jurnalis Saudi Al-Jasser Tewas Disiksa di Dalam Tahanan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 06 18 1974037 media-jurnalis-saudi-al-jasser-tewas-disiksa-di-dalam-tahanan-jKebAsQwl4.jpg Turki bin Abdul Aziz Al-Jasser. (Foto: Prisoner of Conscie/Twitter)

RIYADH - Jurnalis dan penulis Arab Saudi, Turki bin Abdul Aziz Al-Jasser dilaporkan tewas setelah disiksa dalam penjara. Kematian Al –Jasser dilaporkan oleh media Timur Tengah, New Khaleej pada Minggu.

Mengutip dari sumber-sumber hak asasi manusia (HAM) New Khaleej mengatakan bahwa Al-Jasser ditangkap dan disiksa oleh pihak berwenang Saudi yang menuduhnya mengelola akun Twitter Kashkool. Akun tersebut membongkar pelanggaran HAM yang dilakukan oleh otoritas dan keluarga kerajaan Saudi.

Middle East Monitor Selasa (6/11/2018) melaporkan, berdasarkan keterangan sumber itu, otoritas Saudi mengidentifikasi Al-Jasser sebagai admin melalui mata-mata yang ditempatkan di kantor regional Twitter di Dubai. Otoritas Arab Saudi menangkap Al-Jasser pada Maret.

BACA JUGA: Kronologi 'Mencla-Mencle' Saudi Soal Pembunuhan Khashoggi

Sumber itu juga mengatakan bahwa mata-mata yang mengidentifikasi Al-Jasser adalah bagian dari Pasukan SIber Arab Saudi yang dibentuk oleh penasihat Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Saud Al-Qahtani.

Dalam sebuah tweet, Al-Qahtani mengatakan bahwa nama palsu di Twitter tidak akan dapat melindungi orang-orang yang berada di baik akun-akun pembangkang dari otoritas Arab Saudi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini