nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Listrik Nasional Gesits Mulai Produksi Massal 2019

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 07 15 1974531 motor-listrik-nasional-gesits-mulai-produksi-massal-2019-2CFiajkXid.jpg Sepeda Motor Gesits (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Gesit Technologi Indo (GTI) selaku perusahaan yang akan memproduksi massal sepeda motor listrik nasional Gesits bersama BUMN. Rencananya akan mulai melakukan produksi lokal pada Januari 2019.

Rencana ini diungkap Meteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang menegaskan motor listrik Gesits akan diproduksi secara massal pada Januari 2019. Keyakinannya ini dipastikan setelah motor listrik buatan anak bangsa ini sudah melewati serangkaian uji coba.

"Tahap industri ini barangnya sudah sangat siap dan Insya Allah produksi massal akan dilakukan pada bulan Januari," kata Nasir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

 

Dalam masa produksinya, Nasir mengatakan dalam satu tahun akan ada 60.000 unit dengan hitungan per bulannya 5.000 unit. Motor listrik akan diproduksi oleh PT Wima, yang merupakan perusahaan patungan antara Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (Wikon) dengan PT Garansindo Technologi Indo (GTI).

Sementara itu, Rektor ITS Joni Hermana mengatakan motor listrik hasil inovasi anak didiknya ini bisa melaju kencang sampai 120 km per jam. Selain itu, dengan daya satu baterai motor ini bisa menempuh jarak hingga 70 km. Bila baterai habis pengisian daya (charging) cuma sekira 2-3 jam saja.

 

"Yang biasanya kita lakukan itu 2-3 jam chargingnya itu. Dan bisa mencapai kecepatan sampai 120 km/jam, maksimal. Bahkan 150 bisa. Cuma 120 batas yang aman. Dan waktu pakai sekitar 70 km," kata Joni.

Joni mengatakan, ITS menyerahkan sepenuhnya kepada PT Wima dalam hal penetapan harga.

"Karena kita kan cuma menghasilkan prototipe dan selanjutnya industri yang akan memproduksi. Kemudian memasarkannya," pumgkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini