nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempur Pasar Mobil Nasional, Simak Plus Minus Kendaraan Produksi China

Mufrod, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 16:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 07 15 1974557 gempur-pasar-mobil-nasional-simak-plus-minus-kendaraan-produksi-china-NPKkjH0hhL.jpg Pameran mobil di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar automotif Indonesia terus berkembang, bahkan tahun ini produk mobil nasional mampu memenuhi kebutuhan pasar mobil banyak negara di dunia. Namun di pasar dalam negeri sendiri banyak produsen luar negeri seperti Cina melirik pasar lokal Indonesia.

Hadirnya dua produsen China di pasar automotif Indonesia, dinilai sebelah mata oleh banyak konsumen. Namun dengan penilaian tersebut, produsen mobil China justru membangun kepercayaan kualitas produknya melalui banyak teknologi yang disematkan pada produknya.

Bahkan, untuk sebuah teknologi kecil namun sangat penting fungsinya seperti informasi tekanan ban yang sudah bisa dinikmati oleh konsumen dari produk mobil China, hanya bisa ditemui pada mobil kelas premium Jepang ataupun Eropa yang tentunya ditawarkan dengan harga yang cukup mahal.

 

"Mobil China itu punya keunggulan soal teknologi yang sangat banyak dan modern, bahkan teknologi tersebut hanya ada di mobil kelas premium dengan harga mahal," ungkap salah satu wiraniaga Wuling Motors yang enggan disebutkan namanya, kepada Okezone, Rabu (7/11/2018).

Ia menambahkan, strategi bisnis itulah yang saat ini membuat banyak konsumen yang mulai percaya dan menggunakan mobil buatan China. Untuk menjaga layanan aftersales yang prima, jaringan bengkel juga mulai banyak dibuka di beberapa wilayah Indonesia.

 

Meski demikian, menurut Wiraniaga ini banyak konsumen yang mengeluhkan mengenai kualitas produksi mobil China, seperti pada beberapa tipe yang masih menghasilkan gangguan suara mesin hingga ke dalam kabin. Selain itu adapula keluhan mengenai sistem pendingin udara yang kurang maksimal.

"Pada beberapa tipe memang masih menghasilkan bunyi mesin masuk ruang kabin, karena mobil tidak dilengkapi peredam, selain itu sistem pendingin udara. Namun keluhan itu bisa dihilangkan dengan mendatangi bengkel resmi Wuling untuk dilakukan perbaikan," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini