nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1 Warga Pangandaran Tewas Terseret Arus Banjir

Syamsul Maarif, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 10:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 07 525 1974370 1-warga-pangandaran-tewas-terseret-arus-banjir-E4TluYzyLY.jpg Foto: Okezone

PANGANDARAN - Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Pangandaran sejak Senin malam hingga Selasa pagi (6/11/2018) menyebabkan banjir serta longsor di beberapa wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Beberapa ruas jalan pun ikut terendam banjir dan tertimbun material longsor yang mengakibatkan terganggunya lintas lintas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, laporan yang masuk ada sembilan titik lokasi banjir.

"Banjir merendam 777 rumah, 7 titik longsor dan 3 titik pohon tumbang," kata Nana.

 banjir

Nana menambahkan, akibat bencana yang terjadi, satu orang warga dilaporkan meninggal dunia akibat terseret arus banjir.

"Korban atas nama Ema (58) warga Dusun Cisempu RT 10/03 Desa Ciparanti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran," tambahnya.

Adapun ruas jalan yang terganggu diantaranya jalan Pangandaran-Cijulang di Dusun Kalangsari, Desa Kondangjajar dan Jalan Parigi-Cigugur di Dusun Cijalu, Desa Parigi.

"Hujan deras disertai angin juga menyebabkan pohon tumbang yang menyebabkan rumah mengalami kerusakan," papar Nana.

 banjir

Hingga kini Pusdalops PB Pangandaran masih melakukan pendataan Iaporan yang masuk dari masyarakat, desa dan relawan kebencanaan.

"Upaya yang dilakukan DPKPB Kabupaten Pangandaran yaitu melakukan evakuasi kepada korban yang terdampak menggunakan perahu karet bersama relawan penanggulangan bencana," jelasnya.

Selain evakuasi, DPKPB juga menyalurkan logistik serta melakukan assesment dan DPKPB Kabupaten Pangandaran juga berkoordinasi dengan dinas terkait.

Nana mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini