nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Gagasan Albert Einstein Itu Benar?

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 07 65 1974627 apakah-gagasan-albert-einstein-itu-benar-Iiw2TyYFtq.jpg Albert Einstein (Dok: BBC.com)

JAKARTA – Sejak Albert Einstein membahas gelombang dan riak gravitasi di sususan ruang waktu, para ilmuwan telah melaksanakan berbagai percobaan untuk menemukan apakah pendapat Einstein itu benar?

Kini mereka telah menemukan jawabannya. Teori Einstein menciptakan sebuah cerita tentang angkasa yang mengubah gagasan tentang seperti apa alam semesta ini. Menurutnya, di angkasa terdapat cahaya melengkung,

Sebuah lubang hitam bergerak di angkasa yang menyebabkan riak gravitasi yang disebut gelombang hitam. Di tahun 1916, Einstein secara resmi menerbitkan teori relativitas umum yang menyatakan bahwa catatan tentang gravitasi waktu dan ruang harus dilengkungkan di sekitar objek besar seperti bintang, planet, atau lubang hitam.

Prof. Barak Kol Universitas Ibrani Yerusallem menganggap, sistem dinamis ini sesuai dengan gelombang alam semesta di atas susuna ruang waktu lalu menyebabkan perubahan kaca bumi dengan mata telanjang dari percobaan LIGO di Washington, Amerika Serikat. Demikian seperti dikutip dari Warta Bea Cukai, Rabu (7/11/2018).

Baca Juga : 3 Ilmuwan Dianugerahi Nobel Fisika 2018 Berkat Penelitian Laser

LIGO merupakan percobaan di mana para ilmuwan dunia berkumpul untuk memastikan teori Einstein dengan mengamati lengkungan ruang dan waktu yang dihasilkan oleh tumbukan dua lubang hitam.

Dr. Carolin Crawford menyatakan, bahwa Einstein sangatlah penting bagi ilmuwan. Karena Einstein merupakan pemikir yang kreatif. Seseorang yang datang dan menanyakan tentang prinsip mutlak, bahwa tak ada seorang pun yang terpikir untuk meninjaunya, melihatnya. Ia hanya mengambil jeda panjang dan berkata “Baik, bagaimana jika ini benar?” Dan, ia memperlebar ide tersebut.

Baca Juga : Peraih Nobel Kedokteran 2018 Diberikan ke Peneliti Imunoterapi Kanker

Dr. Ulrich Spehake Universitas Cambridge mengatakan bahwa Einstein berada di level yang sama dengan Newton. “Einsten berada di tingkat yang sama dengan Newton. Kita tak bisa berdebat, kontribusi siapa yang paling penting. Saya pikir itu hanya buang waktu.” ungkapnya.

Einstein menunjukkan bahwa dunia tidak selalu berjalan seperti yang diperkirakan, dan mungkin tak perlu ragu untuk bertanya “Apa yang kita tahu tentang alam semesta?” Pernyataan ini menegaskan bahwa Einstein merupakan ilmuwan yang jenius.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini