nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Sukses di Tinder, Pria Belanda Ajukan Gugatan Ubah Umur 20 Tahun Lebih Muda

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 12:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 08 18 1975002 demi-sukses-di-tinder-pria-belanda-ajukan-gugatan-ubah-umur-20-tahun-lebih-muda-7gHWkdLE0w.jpeg Foto: AFP.

ARNHEM - Seorang pria lanjut usia di Belanda telah memulai pertarungan hukum untuk secara sah mengganti umur guna meningkatkan prospeknya mendapatkan kencan. Emile Ratelbrand dilaporkan merasa terdiskriminasi karena usianya yang mempengaruhi kesempatannya memperoleh pekerjaan dan kesuksesannya mencari teman kencan di aplikasi Tinder.

Pria berusia 69 tahun itu mengajukan gugatan ke pengadilan di Kota Arnhem untuk mengubah tanggal lahirnya dari 11 Maret 1949 menjadi 11 Maret 1969. Emile membandingkan perubahan usia itu layaknya melakukan perubahan kelamin atau menjadi transgender.

"Anda bisa mengganti nama Anda. Anda bisa mengganti jenis kelamin Anda. Kenapa bukan usia Anda?" kata Emile kepada surat kabar Belanda, De Telegraaf sebagaimana dilansir BBC, Kamis (8/11/2018).

Keputusan mengenai gugatan Emile tersebut diperkirakan akan diumumkan dalam waktu empat pekan. Namun, Surat kabar Belanda Algemeen Dagblad melaporkan, pengadilan skeptis terhadap gugatan itu, mengatakan tidak ada mekanisme hukum yang memungkinkan seseorang untuk mengubah tanggal lahir mereka.

Emile mengatakan, usianya membuatnya merasa terdiskriminasi karena mempengaruhi kesempatannya bekerja dan tingkat kesuksesannya saat menggunakan aplikasi kencan Tinder.

"Ketika saya berusia 69 tahun, saya terbatas. Jika saya berusia 49 tahun, maka saya dapat membeli rumah baru, mengendarai mobil yang berbeda. Saya dapat mengambil lebih banyak pekerjaan," ujarnya.

"Ketika saya di Tinder dan mengatakan saya 69, saya tidak mendapatkan jawaban. Ketika saya berusia 49 tahun, dengan wajah yang saya miliki, saya akan berada dalam posisi sangat baik."

Lebih lanjut, Emile berpendapat bahwa menurut dokternya dia memiliki tubuh berusia 45 tahun, dan menggambarkan dirinya sebagai "dewa muda". Pensiunan itu juga mengatakan bahwa dia bersedia kan membatalkan pensiunnya jika dia mengganti tanggal lahirnya.

Emile adalah seorang media personality dan motivator, yang merupakan pelatih dalam pemrograman neurolinguistik. Dia menyuarakan karakter Vladimir Trunkov dalam versi bahasa Belanda dari film Pixar Cars 2.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini