nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Caleg Perindo Ajarkan Menu Favorit untuk Peluang Usaha

Wijayakusuma, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 08 338 1975258 caleg-perindo-ajarkan-menu-favorit-untuk-peluang-usaha-QFgMDVx8Lq.jpg

BEKASI - Caleg Partai Perindo kembali mensosialisasikan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan wirausaha rumahan dan cooking class untuk kaum emak-emak, di Jalan Jambu RT 03 RW 11 Nomor 16 Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Pelatihan wirausaha sekaligus praktek cooking class hari ini, kami mengajarkan membuat fried chicken dan bakso. Bahan-bahannya, seperti daging sapi, tepung tapioka, garam, lada, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih dan putih telur," kata caleg DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Bekasi-Depok), Henky Eko Sriyantono, kepada Okezone di lokasi, Kamis (8/11/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Cak Eko itu, Perindo selalu memberikan resep menu-menu favorit masyarakat pada setiap pelatihan cooking class. Hal ini diakui akan mempermudah para peserta untuk melakoni usaha, ditengah persaingan yang semakin ketat.

"Jadi menu ini favorit dan juga sangat mudah untuk dibuat usaha, karena segmen pasarnya sangat besar. Ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar bagi masyarakat, apabila menangkap ilmu ini dan dijadikan usaha. Sehingga usahanya nanti besar dan berpotensi waralaba," ujarnya.

"Apalagi bakso disukai seluruh kalangan masyarakat. Dan karena ilmu membuat bakso itu sulit dan mahal, untuk itu kami ajarkan agar bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat menopang perekonomian keluarga setelah mendapatkan ilmu membuat bakso," ujarnya lagi.

Untuk membuka sebuah usaha bakso, kata Cak Eko, tak mesti menggunakan modal besar. Masyarakat bisa menjual di depan rumah atau mencari lokasi usaha yang menerima sistem bagi hasil, bukan sewa. Atau bisa juga memproduksi bakso untuk kemudian dititip ke pasar-pasar tradisional.

"Yang paling utama adalah kualitas rasa yang harus dijaga, serta harganya harus mengikuti daya beli maayarakat. Tentunya lokasi berjualan juga harus di tempat keramaian," imbuhnya.

Wasekjen DPP Partai Perindo itu menjelaskan, pihaknya akan terus konsisten dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui program-program pemberdayaan dan pembinaan yang dilakukan secara rutin.

"Ke depannya kami akan konsisten memberikan pelatihan pemberdayaan kepada kaum perempuan dan milenial agar bisa produktif dan mandiri, sehingga terciptalah kemandirian ekonomi keluarga. Kami juga akan memberikan pembinaan, supaya usaha mereka bisa naik kelas dan membuka peluang kerja bagi masyarakat lainnya. Inilah imbas dari pemberdayaan itu, bisa membuka lapangan pekerjaan," jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Dudung Prilaksono, caleg DPRD Provinsi Jabar Dapil VIII (Kota Bekasi- Depok), yang menyebut pihaknya sedari awal ingin mengadakan pendekatan kepada masyarakat, dengan pemberian program-program yang juga menyentuh langsung ke masyarakat.

"Sebenarnya yang pertama bagaimana kita mendekatkan diri kepada masyarakat. Jadi program-program yang menyentuh kepada masyarakat, diantaranya adalah cooking class. Ini adalah salah satu program yang kita canangkan. Suatu program nyata yang betul-betul dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Menurutnya, kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan dengan cara-cara sederhana yang akan berdampak besar bila terus ditekuni. Hal inilah yang terus digenjot Perindo dalam setiap program pemberdayaan yang dihadirkan ke masyarakat.

"Jadi garis besar daripada program Perindo, adalah bagaimana kita mensejahterakan masyarakat, meningkatkan taraf hidup dengan cara yang sederhana dan memberikan ilmu yang dasar untuk mereka bisa berusaha. Misalnya pada pelatihan ini, bagaimana kita mengajarkan membuat bakso dan fried chicken," paparnya.

Keinginan Perindo untuk menjadikan Jawa Barat sebagai barometer perekonomian, pun tak hentinya diupayakan. Dalam hal ini, para pelaku UMKM terus diberikan support dan pelatihan terkait pengembangan usahanya.

"Sekarang ini banyak sekali wirausaha-wirausaha yang itu akan kita dorong agar betul-betul bisa meningkatkan, menjual produknya, memasarkan dan berkolaborasi dengan pengusaha yang lain. Kalau itu dilakukan dengan kokoh, saya kira insyaallah akan menjadi secara umum Indonesia sejahtera dan akan menjadi barometer perekonomian di Indonesia, khususnya di Jawa Barat," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini