nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Rally Dakar Karya Anak Bangsa Kembali Menggeliat

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 16:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 15 1975640 mobil-listrik-rally-dakarkarya-generasi-muda-kembali-menggeliat-IKp2zuvJen.jpg Mobil listrik tipe rally dakar karya anak bangsa (foto: Sindo)

JAKARTA - Setelah Presiden Jokowi menjajal sepeda motor listrik karya anak bangsa yakni Gesits di lingkungan Istana Negara. Kini giliran mobil listrik yang juga karya anak bangsa yang dikembangkan beberapa perguruan tinggi turut unjuk gigi.

Mobil listrik yang diberi nama Blits dan Kasuari ini merupakan model yang dikembangkan untuk kompetisi reli dakar. Seluruh spesifikasi yang dimilikinya merupakan standar kendaraan yang siap bertarung di ajang balap dakar.

Blits merupakan tipe mobil yang menggunakan penggerak motor listrik, dengan kapasitas dua penumpang, kemampuannya bisa mencapai jarak tempuh 500 kilometer dalam kondisi tenaga baterai penuh.

Sedangkan Kasuari yang juga memiliki spesifikasi mobil dakar, hadir dengan teknologi hybrid. Dimana sektor pacunya menggunakan mesin konvensional diesel berbahan bakar crude palm oil (CPO) dan motor listrik.

Kedua mobil ramah lingkungan ini merupakan project yang dikembangkan oleh dua perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Budi Luhur. Kedua mobil dipamerkan di PLN UID Jakarta Raya.

 

Sebelumnya Pemerintah melalui Kemenristekdikti juga berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi nasional dalam pengembangan kendaraan listrik.

“Kolaborasi pemerintah dengan perguruan tinggi ini diharapkan dapat berjalan terus agar selalu ada hasil penelitian baru sehingga menghasilkan produk Indonesia yang berkualitas," ucap Menristekdikti dalam sambutannya pada Laporan Akhir Fase 1 Studi Komperhensif Electrified Vehicle di Kementerian Perindustrian, beberapa waktu lalu.

Dalam hasil studi yang dipaparkan tersebut secara garis besar menunjukkan bahwa penggunaan mobil listrik baik jenis hybrid atau plug in hybrid lebih efisien dan hemat dalam penggunaan energi. Terutama jika dibandingkan menggunakan kendaraan bukan elektrik atau dalam jenis internal combustion engine.

Mobil listrik jenis hybrid bisa melakukan penghematan dalam menggunakan energi sebesar 50 persen. Sedangkan, untuk jenis mobil listrik plug in hybrid penghematan energi bisa mencapai 75-80 persen.

 

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini