nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Utara Minta Pembicaraan Tingkat Tinggi dengan AS soal Denuklirisasi Ditunda

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 07:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 18 1975360 korea-utara-minta-pembicaraan-tingkat-tinggi-dengan-as-soal-denuklirisasi-ditunda-aO4DJ70h7M.jpg Delegasi AS dipimpin Menlu Mike Pompeo (kiri) dan delegasi Korut dipimpin Kim Yong Chol dalam pertemuan di New York (31/5/2018). (AP)

KOREA Selatan mengatakan, Korea Utara meminta untuk menunda pembicaraan tingkat tinggi dengan Amerika yang dijadwalkan berlangsung hari Kamis (8/11/2018) di New York.

Menteri LN Amerika, Mike Pompeo semula dijadwalkan bertemu dengan Kim Yong Chol, penasehat senior untuk pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, hari Kamis, guna membicarakan bagaimana bergerak maju atas perjanjian tidak jelas yang ditandatangani bulan Juni lalu oleh Kim dan Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan bersejarah mereka, yang menyerukan agar Korea utara meninggalkan program senjata nuklirnya.

Bendera Korut (Ist)

Dalam konferensi pers di Gedung Putih Rabu, Trump mengatakan, dia "tidak terburu-buru" untuk mencapai perjanjian.

(Baca Juga : Trump: Pertemuan dengan Kim Jong-un Akan Digelar Setelah Pemilu AS November)

Ketika mengumumkan penundaan itu, Deplu AS mengatakan Pompeo and Kim Yong Chol seyogianya membahas "kemajuan pada semua empat pilar pernyataan bersama KTT Singapura, termasuk mencapai denuklirisasi akhir Korea Utara yang dapat diverifikasi sepenuhnya".

Meskipun ada kesepakatan, kedua belah pihak berselisih mengenai derap upaya Korea Utara mengakhiri program senjata nuklirnya.

(Baca Juga : Menlu AS Lanjutkan Pembahasan Denuklirisasi dengan Korut di New York)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini