nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Perang Norwegia Bertabrakan dengan Tanker Berbendera Malta

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 09:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 09 18 1975382 kapal-perang-norwegia-bertabrakan-dengan-tanker-berbendera-malta-1o4Ckxovkb.jpg Foto: BBC.

HJELTEFJORD – Sebuah kapal perang Norwegia bertabrakan dengan kapal tanker berbendera Malta di sebuah perairan sempit di Hjeltefjord. Akibat insiden itu, delapan orang mengalami luka-luka dan 137 awak frigat KNM Helge Ingstad terpaksa dievakuasi.

BBC, Jumat (9/11/2018) melaporkan, kapal perang itu baru saja kembali dari latihan militer NATO ketika bertabrakan dengan kapal tanker berbendera Malta, Sola TS. KNM Helge Ingstad mengalami kerusakan cukup parah hingga dikhawatirkan tenggelam sementara tanker Sola TS hanya mengalami kerusakan ringan dan tidak mengalami kebocoran minyak.

"Karena kerusakan yang dialami, frigat itu dipindahkan ke tempat yang aman," demikian disampaikan Komando Maritim Sekutu NATO dalam pernyataannya. Sementara tanker tersebut kembali ke pelabuhan untuk menjalani pemeriksaan.

Insiden yang terjadi pada Kamis, 8 November itu menyebabkan sebuah terminal minyak besar dan sebuah pabrik pengolahan gas ditutup sementara.

Keterangan dari pejabat terkait menyebutkan, kedua kapal bertabrakan sekira pukul 04.00 waktu setempat ketika frigat itu berlayar di fjord, perairan sempit yang dikelilingi tebing, untuk melakukan latihan. Saat itu, tanker Sola TS yang diawaki oleh 23 kru tengah bergerak meninggalkan terminal minyak Sture milik Equinor dengan muatan minyak mentah dari Laut Utara.

Perusahaan Minyak Equinor mengatakan, akibat insiden itu, pihaknya telah menutup terminal ekspor Sture, serta pabrik gas Kollsnes dan beberapa ladang minyak lepas pantai sebagai tindakan antisipasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini