nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan Penjara Tajikistan Tewaskan 27 Orang, ISIS Diduga Terlibat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 18 1975454 kerusuhan-penjara-tajikistan-tewaskan-27-orang-isis-diduga-terlibat-KRqhbMpCl4.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

KHUJAND – Seorang tahanan yang memiliki hubungan dengan kelompok teroris ISIS dicurigai sebagai provokator dari sebuah kerusuhan yang menewaskan lebih dari 25 di sebuah penjara berkeamanan tinggi di utara Tajikistan.

Keterangan pejabat keamanan Tajikistan yang dikutip Reuters dan Sputnik menyebutkan, bentrokan terjadi di penjara yang terletak di Kota Khujand pada Rabu malam. Para tahanan bergabung dengan tahanan lain, diduga seorang militant ISIS yang menyerang seorang petugas penjara dan mengambil senjatanya.

Para tahanan berhasil merebut dan menguasai salah satu bangunan di fasilitas penjara sebelum pasukan khusus Tajikistan turun tangan dan mengendalikan keadaan.

Sputnik yang dilansir RT, Jumat (9/11/2018) melaporkan, total 27 orang tewas, termasuk 25 narapidana, seorang pegawai penjara dan seorang perwira pasukan khusus. Enam penjaga juga dilaporkan terluka dalam kerusuhan tersebut.

Kejadian itu membuat pasukan keamanan di Khujand, kota terbesar kedua di Tajikistan, siaga sepanjang malam dan menjaga ketat semua jalan menuju ke area tersebut. Dugaan kerusuhan itu didalangi oleh militant ISIS juga memunculkan kekhawatiran organisasi teroris itu aktif di Tajikistan.

Pada Juli lalu, empat turis tewas di Tajikistan dalam serangan yang diklaim oleh ISIS. Moskow telah memperingatkan bahwa setelah kekalahan teroris di Suriah, kawasan itu mungkin menjadi target berikutnya dalam daftar mereka.

Badan intelijen Rusia, FSB telah memperingatkan mengenai ancaman teroris, termasuk ISIS di Asia Tengah. Para militan di negara-negara wilayah itu kemungkinan dilatih di Afghanistan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini