nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KNKT: Pencarian CVR Black Box Lion Air Tidak Ada Batas Waktu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 337 1975585 ketua-knkt-pencarian-cvr-black-box-lion-air-tidak-ada-batas-waktu-CGvtFfipyb.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menegaskan bahwa pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR) black box pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di Perairan Kerawang tidak ada batas waktu. Pihaknya akan terus memaksimalkan pencarian CVT tersebut.

"Kita tidak ada batas waktu artinya di sini kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menemukan CVR," kata Soerjanto di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat, (9/11/2018).

Soerjanto mengatakan, berapa lama waktu untuk pencarian CVR masih harus dilakuan mengingat hal itu sangat diperlukan untuk mengetahui apa penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

 (Baca juga: Gunakan Alat Canggih, KNKT: Kita Mau Cari CVR Lion Air Sampai Ketemu)

(Baca juga: Total Sudah 194 Kantong Jenazah Korban Lion Air Diserahkan ke RS Polri Hari Ini)

lion

"Jadi kalau masih sebulan, dua bulan lagi ya kita akan berusaha sekuat tenaga dan semampu kita dananya yang ada nanti pada satu saat kalau memang kita enggak mampu kita akan bicarakan dengan teman-teman," paparnya.

Terkait dengan adanya informasi bahwa CVR dalam kondisi terbalik sehingga sinyalndari CVR. Lemah terdeteksi, Ia membantah hal itu. Sebab dalam kondisi apapun CVR tetap akan memancarkan sinyal.

"Sebetulnya enggak, mau terbalik posisinya itu tetap memancarkan. Tapi ya kita, ini suatu pelajaran yang baik kenapa kok suaranya hilang," pungkasnya.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini