nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Pengangguran, Jokowi Fokus Pembangunan SDM

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 22:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 337 1975812 kurangi-pengangguran-jokowi-fokus-pembangunan-sdm-pOsmrlk29V.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan pelatihan vokasi bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMK). Pasalnya, lulusan SMK masih belum terserap sepenuhnya di dunia kerja.

"Saya sampaikan bahwa yang namanya vocational training itu masih menjadi fokus kita untuk memperbaiki kualitasnya sehingga SDM kita betul-betul siap untuk masuk dunia kerja," ujarnya, Jumat (9/11/2018).

Jokowi Sendiri sering mengemukakan bahwa PR besar setelah infrastruktur tersedia adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Untuk itu, jika kembali terpilih, di periode kedua, fokus Jokowi adalah untuk investasi SDM.

(Baca Juga: Warga Ingin 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah, Ini Pesan Presiden Jokowi)

Diketahui, Data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tingkat pengangguran terbuka per Agustus 2018, menunjukan masyarakat lulusan SMK penyumbang pengganguran terbanyak, yakni 11,2 persen. Belum lagi lulusan SMA 7,95 persen.

Sementara menyangkut pertumbuhan ekonomi, Jokowi menilai cukup menggembirakan. Di mana, pertumbuhannya pada triwulan III 2018, tumbuh 5,17 persen, merujuk data BPS per November 2018.

"Alhamdulillah, menurut saya masih sangat baik. Artinya kita bisa mempertahankan pada posisi 5,1 persen dan kita lihat tren konsumsi masyarakat juga masih di atas 5 persen," kata Jokowi.

Alasannya menyebut sebagai hal menggembirakan, karena bila situasi global ekonomi yang menurun dan perang dagang yang masih ramai. Pertumbuhan ekonomi di angka 5,17 hal yang baik.

Jokowi memastikan akan mempertahankan capaian tersebut dan akan terus meningkatkannya di masa-masa mendatang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini