Kampanye di Tangsel, Sandiaga Uno Janjikan Program yang Serap 3 Juta Tenaga Kerja

Hambali, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 21:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 605 1975748 kampanye-di-tangsel-sandiaga-uno-janjikan-program-yang-serap-3-juta-tenaga-kerja-UFECrl1PdA.jpg Sandiaga Uno saat berada di Tangsel (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Isu pembangunan yang berkelanjutan (Development Sustainable) menjadi salah satu program yang ditawarkan oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurut Sandi, program lingkungan hidup yang berkelanjutan itu telah dijalani oleh relawannya. Dengan tujuan utamanya yaitu Green Jobs, yang berarti dimana segala pengerjaan di lingkungan harus mengacu pada energi alternatif terbarukan dan ramah lingkungan.

"Kita ada relawan Bro Sandi, fokus pada isu-isu lingkungan dan kita fokus pada isu keberlanjutan, sustainability," katanya usai bertemu dengan kelompok relawan di Telaga Seafood, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (9/11/2018).

Dijelaskan dia, Green Jobs nantinya bisa diterapkan di berbagai tempat. Misalnya jika di wilayah pedesaan, maka pengelolaan sungai atau pelestarian lingkungan alam lainnya dapat membuka lapangan kerja baru yang signifikan.

"Kita bisa mendidik dua sampai tiga juta tenaga kerja baru. Kita bisa rehabilitasi lahan-lahan kritis, pantai juga bisa kita perbaiki," sambungnya.

Sedangkan jika diterapkan di wilayah perkotaan seperti di Kota Tangsel, lanjut Sandi, maka Green Jobs itu dapat merubah pengelolaan gedung-gedung yang ada menjadi ramah lingkungan dan berbasis energi terbarukan.

"Kalau di Tangsel ini adalah bagaimana mengkonversi gedung-gedung agar ramah lingkungan, gedung ini bisa mengonsumsi energi yang lebih hemat, gedung-gedung ini bisa menggunakan energi alternatif baru dan terbarukan," jelasnya lagi.

Data yang dihimpun Okezone, setidaknya ada 6 kriteria dasar suatu gedung bisa dikatakan ramah lingkungan, diantaranya ; Tepat Guna Lahan, Efisiensi Energi dan Refrigeran, Konservasi Air, Kualitas Udara dan Kenyamanan Udara, Sumber dan Siklus Material, lalu yang terakhir adalah Manajemen Lingkungan Bangunan.

"Jadi lingkungan itu, jadi satu fokus utama dari perjuangan Prabowo-Sandi. Sistem ekonomi kedepan itu harus berfokus pada sustainability," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini