nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos Hewan Unta, Benarkah Punuk Berisi Air?

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 11:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 65 1975692 mitos-hewan-unta-benarkah-punuk-berisi-air-0jJWliwhUw.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Salah satu ciri khas hewan unta memiliki punuk di punggungnya. Ada yang memiliki punuk tunggal atau camelus dromedarius dan berpunuk ganda atau camelus bactrianus.

Ya, mereka memang memiliki punuk sebagai adaptasi ekologi di wilayah gurun. Hewan yang banyak ditemukan di gurun pasir ini menuai banyak mitos.

Baca Juga: 3 Mitos yang Tak Perlu Dipercaya Mahasiswa Baru


Salah satunya mitos bahwa isi dari punuk unta itu adalah untuk menyimpan air. Benarkah?

Ternyata, itu hanyalah mitos belaka. Mereka memiliki punuk untuk menyimpan lemak.

Lemak yang disimpan berfungsi sebagai pengganti makanan ketika unta bepergian jarak jauh dengan sumber daya terbatas yang tersedia.

Baca Juga: Jangan Terkecoh, 10 Fakta Pelajaran Ini Ternyata Hanya Mitos

Menurut Animal Planet, seperti dikutip dari Businessinsider, Sabtu (10/11/2018), seekor unta dapat menggunakan lemak sebagai sumber energi untuk menggantikan sekira tiga minggu makanan.

Ini sebenarnya adalah sel darah merah unta yang bertanggung jawab atas kemampuan hewan ini bertahan selama satu minggu tanpa air. Tidak seperti makhluk lain, unta memiliki sel-sel darah berbentuk oval yang lebih fleksibel dan memungkinkan mereka untuk menyimpan sebagian besar air.

(Feb)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini