nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Manusia Hanya Gunakan 10% dari Kemampuan Otak?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 11:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 65 1975698 benarkah-manusia-hanya-gunakan-10-dari-kemampuan-otak-sCkrPiL1PW.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Apakah kamu pernah mendengar pernyataan bahwa manusia hanya menggunakan 10% dari kemampuan otak. Apakah hal itu benar?

Pernyataan itu pernah menjadi salah satu segmen film 'Scarlett Johansson 2014 Lucy', di mana karakter Morgan Freeman berdiri di depan ruangan siswa dan berkata, "Diperkirakan, kebanyakan manusia hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak mereka. Bayangkan jika kita dapat mengakses 100%. Hal-hal menarik mulai terjadi?”

Baca Juga: Jangan Terkecoh, 10 Fakta Pelajaran Ini Ternyata Hanya Mitos

Ternyata pernyataan itu hanyalah sebuah mitos belaka yang tidak jelas asal-usulnya. Pernyataan bahwa manusia menyimpan sekitar 90 persen kemampuan yang belum dimanfaatkan di otak, tidaklah benar.

Para ilmuwan telah berulang kali berterus terang tentang hal palsu ini, yang juga telah diabadikan dalam film 'Lucy dan Limitless'. Semua neuron (sel syaraf) di otak kamu mungkin tidak bekerja pada saat yang bersamaan, tetapi itu tidak berarti bahwa bagian otakmu sama sekali tidak aktif.

Baca Juga: Benarkah Albert Einstein Gagal di Pelajaran Matematika dan Murid yang Buruk?

“Ternyata, meskipun kita menggunakan hampir setiap bagian dari otak, dan sebagian besar otak itu aktif hampir sepanjang waktu,” kata Barry, seperti dikutip dalam Businessinsder, Minggu (12/11/2018).

Gordon, seorang ahli saraf di Johns Hopkins School of Medicine mengatakan, Otak mewakili 3% dari berat tubuh dan menggunakan 20% dari energi tubuh.

 (Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini