nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih dari 70 Pemimpin Dunia Hadiri Peringatan 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 11 18 1976217 lebih-dari-70-pemimpin-dunia-hadiri-peringatan-100-tahun-berakhirnya-perang-dunia-i-1TO17tUie1.jpg Presiden Prancis, Emmanuel Macron bertemu dengan para veteran di Clairiere de Rethondes pada upcara peringatan 100 tahun berakhirnya PD I di Compiegne, Prancis, 10 November 2018. (Foto: Reuters)

PARIS – Presiden Prancis Emmanuel Macron bersama dengan 70 pemimpin negara dunia akan menghadiri peringatan 100 tahun gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia I dan memberi penghormatan kepada jutaan tentara yang tewas dalam konflik tersebut. Perang Dunia I yang berlangsung dari 1914 sampai 1918 mengklaim sekira 10 juta nyawa dan merupakan salah satu konflik paling berdarah dalam sejarah manusia.

Dalam peringatan yang digelar di Paris, Macron menyampaikan pidato penghormatan bagi para tentara yang gugur dalam perang besar tersebut dan bagi keluarga mereka. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di antara pimpinan monarki, negara dan pemerintahan yang menghadiri upacara tersebut.

BACA JUGA: Berakhirnya Perang Dunia I

Reuters, Minggu (11/11/2018) melaporkan, Macron dan Merkel memperlihatkan momen emosional langka saat berpegangan tangan pada upacara yang digelar pada Sabtu di Hutan Compiegne, sebelah utara Prancis. Hutan itu merupakan lokasi bersejarah di mana delegasi Prancis dan Jerman menandatangani gencatan senjata yang mengakhiri perang.

Pada Minggu akan digelar pembacaan testimoni yang ditulis oleh para tentara pada 11 November 1918 setelah gencatan senjata ,mulai berlaku. Testimoni itu akan dibacakan oleh para siswa sekolah dasar dalam tiga bahasa, Prancis, Inggris dan Jerman.

Masih dalam rangkaian peringatan 100 tahun gencatan senjata itu, Macron akan menjadi tuan rumah Forum Perdamaian Paris, yang digelar pada Minggu sore. Forum tersabut akan berusaha untuk mempromosikan pendekatan multilateral untuk keamanan dan pemerintahan dan pada akhirnya menghindari kesalahan yang menyebabkan pecahnya Perang Dunia I.

Presiden AS, Donald Trump dilaporkan tidak akan menghadiri forum tersebut, dan tidak akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Valdimir Putin di Paris. Kedua pemimpin negara besar dunia itu tampak berbincang singkat di tengah upacara peringatan pada Minggu dan diharapkan akan melakukan pertemuan formal pada KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina akhir bulan ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini