nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Megawati Minta Perempuan Indonesia Berani Terjun ke Dunia Politik

Bayu Septianto, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 337 1976155 megawati-minta-perempuan-indonesia-berani-terjun-ke-dunia-politik-ERkCmLLnmC.jpg Megawati (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta perempuan Indonesia untuk tak takut masuk ke dalam dunia politik. Megawati menganggap dirinya bisa dijadikan contoh perempuan Indonesia yang bisa menjadi presiden dan masih eksis menjadi ketua umum partai politik hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Mega saat berpidato usai menerima penghargaan Bhakti Teratai Putra Indonesia dari Purna Paskibraka Indonesia, di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu (10/11/2018).

“Apa saya disuruh dijadikan contoh, saya menjadi ketua umum perempuan di suatu partai pertama kali, lalu saya mengalami hal-hal yang memprihatinkan, tapi setelah itu saya sebagai perempuan seperti bisa mengejar ketertinggalan jadi wapres, saya jadi presiden, saya merasa ayo wanita Indonesia jangan tabu dengan politik,” kata Mega.

Baca Juga: Megawati Ungkap Sosok Pemberi Kain Merah saat Bendera Pusaka Dijahit

Megawati

Mega mengatakan sejatinya perempuan Indonesia dalam kesehariannya sudah terjun ke dalam dunia politik. Kata Mega, ketika seorang perempuan berbicara mengenai harga kebutuhan pokok seperti beras dan cabai, maka dia sudah berbucara soal politik.

“Ketika sudah bicara cabai pun itu sudah bicara politik, bicara beras pun itu sudah bicara politik, kalau sudah bicara soal sekolah anak itu pun sudah bicara soal politik," jelas Mega.

Dengan suara lantang, Mega pun meminta perempuan Indonesia untuk berani maju dan jangan merasa terbelakang.

"Jadi ayo maju, jangan merasa terbelakang. Kita ini bukan konco wingking, kita ini equal di negara kita tercinta,” ucap Mega dengan lantangnya.

Menurut Mega, Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang menyamaratakan hak laki-laki dan perempuan dalam konstitusi. Untuk itulah, penghargaan selama ini didapatnya harus menjadi penyemangat perempuan Indonesia untuk berani terjun ke dunia politik.

“Perempuan Indonesia punya hak yang sama di mata hukum. Saya ini ada contohnya, saya sudah mendapatkan gelar honoris causa ke-8. Bukan untuk sombong, tapi harus jadi semangat untuk perempuan lainnya dan berani,” tutup Mega.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Megawati Raih Penghargaan Lifetime Achievement dari Purna Paskibraka Indonesia

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini