nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK Pastikan Korban Bencana Sulteng Pindah ke Hunian Sementara pada Desember

Fahreza Rizky, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 13:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 337 1976231 jk-pastikan-korban-bencana-sulteng-pindah-ke-hunian-sementara-pada-desember-m9s5EPQN27.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla berdialog dengan korban gempa dan tsunami di Desa Mpanau, Sigi, Sulteng. (Foto : Fahreza Rizky/Okezone)

PALU – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla berdialog dengan korban gempa dan tsunami di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, seraya meninjau hunian sementara (huntara). Pada kesempatan itu, Kalla memastikan masyarakat sudah bisa menempati huntara pada Desember 2018.

Usai diterjang gempa dan tsunami, saat ini dilakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah Palu, Sigi, dan Donggala.

"Kedatangan kami di sini untuk melihat dan mungkin Desember sudah pindah ke huntara," kata Kalla saat berdialog dengan warga di Sigi, Minggu (11/11/2018).

Kalla meminta masyarakat berbesar hati berpindah lokasi tempat tinggal apabila huntara telah jadi, lalu dilanjutkan dengan pembangunan hunian tetap (huntap). Hal tersebut ditujukan demi keselamatan masyarakat.

Wapres Jusuf Kalla berdialog dengan korban gempa dan tsunami di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Foto : Fahreza Rizky/Okezone)

"Pemerintah membantu, yang bekerja masyarakat sendiri. Kita ingin membangun huntara lalu bikin rumah yang permanen. Jadi kalau dipindahkan rumahnya supaya aman," ujarnya.

Usai menyapa masyarakat di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Kalla melanjutkan kunjungannya meninjau huntara di wilayah Petobo. Setelah itu, ia langsung memimpin rapat koordinasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

(Baca Juga : JK Terbang ke Palu, Pimpin Rakor Rekonstruksi Pascabencana)

Dalam kunjugan kerja ini, Kalla ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPRl) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agraria dan Tata Ruang ATR Sofyan Djalil. Selain itu, tampak pula Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

(Baca Juga : Bangun RS Lapangan dari Kontainer, Gubernur Sulteng Apresiasi Baznas)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini