nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiri Peringatan Hari Ciliwung, Anies Ingatkan Pentingnya Jaga Sungai

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 15:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 338 1976268 hadiri-peringatan-hari-ciliwung-anies-ingatkan-betapa-pentingnya-jaga-sungai-ozjB5sK9kQ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di peringatan Hari Ciliwung (Foto: M Rizky)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peringatan Hari Ciliwung. Kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas Ciliwung tersebut diselenggarakan di Condet, Jakarta Timur.

Anies mengatakan, kegiatan Hari Ciliwung kerap diperingati pada 11 November. Peringatan dilatarbelakangi sejak ditemukannya penyu raksasa di Sungai Ciliwung pada 11 November 2011 atau tujuh tahun lalu.

"Itu menandai bahwa sungai tempat hidupnya berbagai macam mahluk jangan dipandang sebagai tempat aliran sampah, tapi tempat ekosistem keanekaragaman hayati," kata Anies di Condet, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

(Baca Juga: 5.652 Bangunan Diduga Masih Buang Sampah di Sungai Ciliwung)

Untuk itu, sambung Anies, pihaknya sangat mendukung dan terus mendorong para komunitas khususnya Ciliwung untuk mengembalikan sungai atau yang disebut naturalisasi sungai.

"Kita membutuhkan kerja bersama antara pemerintah dan komunitas yang sudah selama ini konsisten menjaga. Ini teman-teman disini ada komunitas yang di Bogor, Depok, Jakarta mereka sudah menjaga bagiannya masing-masing kita akan lakukan kolaborasi itu," terangnya.

Sungai Ciliwung

Disamping itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan juga Direktur Sungai dan Pantai untuk mengembalikan sungai kembali natural.

"Dan itu artinya menjaga agar sampah tidak sampai ke sungai, dan itu kita lakukan sama sama hari ini. Jadi, momen peringatan termasuk warga menjaga sungai. Dan tantangan kita di Jakarta adalah agar sampah dari luar tidak masuk di Jakarta," tukasnya.

(Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan Roadmap Pengembalian Ekosistem Kali Ciliwung)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini