nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berantas DBD, Rescue Perindo Bengkulu "Asapi" Ratusan Rumah Warga

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 340 1976222 berantas-dbd-rescue-perindo-bengkulu-asapi-ratusan-rumah-warga-8PYXLC86QJ.jpeg Rescue Perindo Bengkulu asapi rumah warga (Foto: Demon Fajri)

BENGKULU - Ratusan permukiman penduduk di Sp7 Desa Air Pandan, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, "diasapi" team Rescue dewan pimpinan wilayah (DPW) Provinsi Bengkulu, hari ini.

Satu per satu permukiman penduduk di desa terluar dalam kabupaten itu dimasukin tim Rescue untuk membasmi wabah penyakit malaria dan penyebaran DBD di wilayah desa yang di huni 268 kepala keluarga (KK).

(Baca Juga: Rescue Perindo Siap Lakukan Fogging ke Penjuru Bengkulu)

Fogging yang dipimpin langsung Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Yurman Hamedi, ini menyasar setiap rumah penduduk. Baik, di areal perkarangan rumah, dalam rumah serta perkarangan hewan ternak milik warga.

Tidak hanya ketua DPW Partai Perindo, pengasapan di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu ini juga diikuti Ketua DPW Rescue Partai Perindo, Delta Madya. Begitu juga dengan, Ketua DPW Pemuda Provinsi Bengkulu, Febri Yurman.

Rescue Perindo Bengkulu asapi rumah warga 

Di mana, mereka langsung ikut turun tangan melakukan pengasapan di setiap rumah di daerah tersebut. Hal tersebut tidak lain untuk pendekatan secara langsung dengan masyarakat setempat.

Pasalnya, di daerah yang memiliki 683 daftar pemilih tetap (DPT) tersebut salah satu desa yang terjangkit malaria dan DBD. Bahkan, tiga warga setempat sempat menderita DBD.

Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Yurman Hamedi mengatakan, fogging yang digelar Rescue Perindo bukan hanya untuk menjelang pemilu.

Sebab, kata Yurman, jauh sebelumnya Perindo Bengkulu telah menggelar roadshow untuk pengasapan di seluruh penjuru provinsi yang berjuluk "Bumi Rafflesia" ini.

"Ini bukan semata-mata untuk pemilu saja. Sebab, jauh sebelumnya kami sudah menggelar hal serupa, fogging. Ini tidak lain untuk peduli dengan masyarakat terhadap dini kesehatan di Bengkulu. Program ini akan berlangsung secara berkelanjutan," kata Yurman, kepada Okezone, Minggu (11/11/2018).

(Baca Juga: Caleg Perindo Gelar Fogging hingga Pertandingan Bulu Tangkis di Bogor)

Yurman menambahkan, pengasapan Perindo merupakan program andalan. Selain fogging, sampai Yurman, Perindo juga memiliki program UMKM yang menyasar kepada masyarakat.

"Fogging adalah program andalan kita. Perindo juga selalu berpikir potensi alam yang dapat di kelola, ini tidak lain untuk Indonesia Sejahtera," jelas Yurman.

Rescue Perindo Bengkulu asapi rumah warga 

Ditambahkan Ketua DPW Rescue Partai Perindo, Delta Madya, fogging tidak hanya dilakukan di satu tempat atau desa di Bengkulu. Namun, roadshow Rescue Perindo akan menyasar ke seluruh penjuru "Bumi Rafflesia".

Rescue Perindo, sampai Delta, juga siap tanggap terhadap ajuan dari masyarakat jika membutuhkan fogging di lingkungan masyarakat. Terutama, ada salah satu terjangkit DBD.

"Fogging akan kita lakukan di setiap desa di Bengkulu. Program ini akan berlangsung secara kontinyu," ujar Delta.

Ditemui terpisah, Kepala desa (Kades) Sp7 Desa Air Padan Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara, Sugio menyampaikan, fogging Rescue Partai Perindo di daerahnya baru pertama kali digelar.

Sementara, sambung Sugio, beberapa waktu kalau ada tiga warganya yang terserang DBD. Tidak hanya DBD, masyarakatnya pun sempat terjangkit penyakit malaria.

Setidaknya dengan adanya fogging Perindo, jelas Sugio, wabah penyebaran jentik nyamuk DBD dapat di cegah dan mengurangi penyebaran penyakit DBD dan malaria yang selama ini menghantui masyarakat desa Air Pandan.

"Fogging di desa kami baru pertama kali. Di sini salah satu wabah penyebaran penyakit DBD dan malaria. Kalau sudah di fogging tentu dapat mencegah penyebaran penyakit DBD dan malaria," sampai Sugio.

Sugio meminta, program fogging partai Perindo dapat berkelanjutan dengan tujuan agar wabah penyakit DBD dan malaria tidak kembali menyerang warga desanya. Terlebih, kata dia, saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Saya berharap ini bisa berkelanjutan. Saat ini sudah memasuki musim tentu fogging sangat dibutuhkan masyarakat guna menghindari penyebaran DBD dan malaria," pungkas Sugio.

Sebagai mana di ketahui, pada kesempatan itu sempat hadir, Sekretaris DPW Partai Perindo, Ismail H Saleh, Bendahara DPW Pertai Perindo, Jejen Sukrillah, Ketua DPW Pemuda Provinsi Bengkulu, Febri Yurman, serta pengurus DPW lainnya.

Di mana pada kesempatan itu mereka langsung terjun ke lapangan guna mengetahui secara langsung persoalan yang terjadi. Baik itu di dunia pendidikan, kesehatan, sosial bahkan lainnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini