Polisi Identifikasi Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Kantor Gubernur Papua

Chanry Andrew S, Sindo TV · Minggu 11 November 2018 23:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 11 340 1976410 polisi-identifikasi-dugaan-sementara-penyebab-kebakaran-kantor-gubernur-papua-WwdhKnNKEV.jpg Kantor Gubernur Papua Terbakar (Foto: Andrew Chan/Okezone)

JAYAPURA - Kebakaran hebat yang melanda Gedung Sasana Krida, yang berlokasi di dalam lingkungan Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Minggu (11/11/2018) sekira pukul 12.30 WIT diduga akibat arus pendek dari kompresor AC (pendingin ruangan).

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, menjelaskan, pihak Kepolisian setempat pasca terjadinya kebakaran tersebut langsung melakukan olah TKP awal dan mengindentifikasi sumber api diduga berasal dari konsleting arus listrik pada kompresor AC.

"Kasus kebakaran tersebut sementara dalam penanganan Polres Jayapura Kota dengan dibackup Polda Papua," kata Kombes Pol. A.M. Kamal dalam rilisnya, Minggu (11/11/2018).

Baca Juga: Kantor Gubernur Papua Terbakar, Gedung Sasana Krida Jayapura Hangus

Papua

Dalam kejadian tersebut menurut Kamal, pihak Kepolisian memastikan tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugiaan materil berupa bangunan dan isi gedung/aula Sasana Krida habis terbakar, berupa kursi dan sound system yang melekat pada dinding gedung.

Sementara itu, Karo Humas dan Protokoler Setda Provinsi Papua Israil Ilolu, mengungkapkan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIT oleh tiga unit mobil pemadam kebakaran, "water canon" milik Polda Papua dan sekitar 10 mobil tandon air.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, dan api hanya menjalar di sekitar area Gedung Sasana Krida," katanya.

Menurut Israil, pihaknya belum dapat menginventarisir secara detail apa saja yang ikut terbakar dalam peristiwa tersebut.

"Yang jelas kursi, meja, AC, sound sistem, ruangan transit pejabat hingga lantai dua Sasana Krida ikut terbakar," ujarnya.

Baca Juga: Kantor Gubernur Papua Terbakar, Petugas Lakukan Pemadaman

Papua

Dia menjelaskan plafon atau atap Gedung Sasana Krida tersebut juga runtuh akibat kebakaran itu.

"Namun ruangan wartawan atau pressroom yang berada di sebelah ruangan transit pejabat tidak ikut terbakar," kata Israil.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang sedang berjaga, pegawai yang kebetulan berada di kantor dan masyarakat yang juga sudah ikut berpartisipasi memadamkan api sehingga tidak menjalar ke mana-mana.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini