nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Penipuan Lowongan Kerja PT KAI Diminta Segera Melapor untuk Penyelidikan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 12 November 2018 15:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 12 338 1976707 korban-penipuan-lowongan-kerja-pt-kai-diminta-segera-melapor-untuk-penyelidikan-FeTx6xVIQF.jpg Para korban lowongan kerja PT KAI terlantar di Stasiun Gambir karena kedapatan menggunakan tiket palsu. Foto: Okezone/Twitter Kereta Api kita

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono meminta kepada para korban penipuan lowongan kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk segera melapor ke Polda Metro Jaya. Sebab hingga saat ini belum ada yang melaporkan diri terkait hal tersebut.

"Sebaiknya melapor," kata Argo saat dikonfirmasi, Senin, (12/11/2018).

Dengan adanya laporan, pihak kepolisian dapat sesegera mungkin melakukan penyelidikan kasus yang menimpa 128 orang korban itu. "Sebaiknya melapor untuk mempercepat penyelidikan," tuturnya.

Dalam kejadian itu sebanyak, 128 orang ditipu oleh oknum tak bertanggung jawab yang dijanjikan akan berangkat mengikuti pendidikan dan pelatihan calon pegawai PT KAI di Yogyakarta. Para korban telah menggelontorkan uang mencapai Rp20 juta kepada pelaku.

Namun mereka diamankan lantaran ketahuan menggunakan tiket palsu untuk keberangkatan KA Argo Lawu 11 November 2018 pukul 20.15 WIB, dan terlantar di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Baca: Seorang Emak-Emak Diringkus Polisi Akibat Berita Hoax Penculikan

Baca: Sebar Hoaks Penculikan Anak di Facebook, Wanita Dumai Diamankan

"PT KAI dengan tegas menyatakan bahwa segala proses rekrutmen resmi PT KAI, mulai dari pengumuman hingga proses pengiriman berkas HANYA dilakukan melalui website resmi PT KAI yakni https://recruitment.kai.id," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (12/11/2018).

Menurut dia, setiap pelaksanaan perekrutan pegawai yang dilakukan oleh PT KAI tidak dikenakan biaya apapun, termasuk uang muka, uang tanda jadi, atau segala jenis biaya serupa.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini