nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Basarnas Cari Nelayan Hilang saat Melaut di Perairan Ternate

Antara, Jurnalis · Senin 12 November 2018 15:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 12 340 1976697 basarnas-cari-nelayan-hilang-saat-melaut-di-perairan-ternate-PDMUUFPezE.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

TERNATE - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) terus melakukan pencarian seorang nelayan asal Desa Malapat Pulau Makian, Malut bernama Saleh Bidi (60) yang hilang saat melaut.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Senin (12/11/2018) membenarkan adanya informasi keluarga korban terjatuh ke laut saat memancing di rompon dan hilang.

Menurutnya, korban keluar memancing di rumpon, 2,5 km arah barat daya dari Desa Malapat dan nelayan lain yang sedang memancing di dekat korban melihat korban terjatuh ke laut. Selanjutnya saksi mata mendekat ke arah perahu korban untuk memberikan pertolongan, namun korban sudah tidak terlihat lagi.

Pihaknya lantas berkoordinasi dengan pihak keluarga korban serta masyarakat setempat melakukan manuver penyisiran dan pemantauan di sekitar lokasi dengan menyiagakan satu unit armada dengan empat personel.

Arafah mmenambahkan, dalam pencarian itu, pihaknya dibantu masyarakat Desa Malapat yang menerjunkan 6 bodi perahu dengan 10 orang warga setempat. Untuk memudahkan proses pencarian korban, Basarnas Ternate telah mendirikan Posko Aju untuk selanjutnya membuat rencana operasi pencarian bersama dengan unsur masyarakat setempat.

Dalam dua pekan terakhir, dilaporkan adanya nelayan yang hilang di sekitar perairan Ternate, d iantaranya seorang nelayan yang hilang di sekitar perairan Jambula Ternate sejak pekan lalu.

Nelayan

Ia mengakui, personelnya masih melakukan pencarian terhadap seorang nelayan bernama Rahmat (48) yang hingga kini masih dalam pencarian, saat itu, korban bersama dua orang rekannya dengan menggunakan perahu berbeda melaut di perairan Jambula menggunakan katinting.

Tim Basarnas mencari dua korban yang hilang mencari ikan menggunakan perahu Fiber nelayan berukuran 9 meter dengan mesin gantung 15 PK dan sampai saat ini belum kembali.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini