Kronologi Yoyok Tebas Balita hingga Tewas, Berawal dari Peristiwa Ini

Taufik Budi, Sindo TV · Selasa 13 November 2018 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 13 512 1977369 kronologi-yoyok-tebas-balita-hingga-tewas-berawal-dari-peristiwa-ini-k3pjSfBhFK.jpg Reka adegan pembunuhan di Temanggung. (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG – Seorang balita perempuan tewas dan ibunya menderita luka serius akibat dibacok pelaku di Temanggung, Jawa Tengah. Selain itu, seorang perempuan lain juga menjadi korban akibat tebasan golok pelaku.

Peristiwa berdarah itu bermula saat pelaku Yoyok Sunaryo (26) bekerja di tambang pasir di kawasan Merapi, Kabupaten Magelang. Warga RT 2/3 Desa Gandon, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung itu mendadak linglung pada Senin 12 November, sekira Pukul 10.00 WIB.

“Yoyok kondisinya linglung dan saat diajak bicara tidak nyambung. Setelah itu rekan kerjanya menghubungi Kadus Gandon Sri Widodo untuk menjemput pelaku,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, Selasa (13/11/2018).

Foto: Taufik Budi/Okezone

Sri Widodo yang ditemani tiga warga lain kemudian menjemput ke kawasan tambang pasir di lereng Gunung Merapi. Yoyok yang masih terlihat linglung hanya bisa menurut saat diajak untuk pulang ke rumahnya.

(Baca juga: Pelaku yang Tebas Balita hingga Tewas di Temanggung Masih Tetangga Korban)

“Saat di Magelang, Yoyok diperiksakan ke dokter jiwa yaitu dr. Prapto. Setelah diperiksa, Yoyok tidak mau disuntik dan tidak mau minum obat. Kemudian dia langsung masuk mobil dan melanjutkan perjalanan pulang,” tukas dia.

Yoyok tiba di kediamannya sekira Pukul 14.30 WIB. Dia langsung dimasukkan ke kamar agar bisa beristirahat. Namun, pukul 15.00 WIB, Yoyok mulai berteriak-teriak dan keluar kamar untuk mengambil golok di dapur.

“Kemudian dia lari ke dapur dan mengambil golok. Setelah itu dia mengejar Warsi yang tak lain adalah ibunya, dan anaknya yang bernama Danu. Dua orang ini bisa melarikan diri hingga selamat dari aksi pelaku,” terangnya.

Pelaku yang masih kalap kemudian bergerak ke arah rumah tetangganya, Kholisatun Mafruroh (23). Saat itu Kholisatun tengah bersantai sembari mengasuh buah hatinya RNA (2,5) di halaman rumah. Mereka sama sekali tak menyangka maut tengah mengintai.

“Selanjutnya Yoyok langsung membacok Kholisatun dan anaknya. Setelah itu pelaku pergi memakai sepeda motor Honda Beat warna putih biru milik Tri Vidayani. Saat itu Tri lari ketakutan melihat pelaku,” tuturnya.

Aksi pelaku tak berhenti di situ. Dia melihat tetangganya yang bernama Atik Ernawati. Perempuan berumur 31 tahun itu pun tak luput dari amukannya. Dengan membabi buta, pelaku membacok Atik hingga menderita luka serius.

Tak berselang lama, polisi tiba di lokasi kejadian setelah dihubungi warga. Dengan dibantu warga, polisi akhirnya bisa meringkus pelaku yang masih memegang golok. Dia dibekuk setelah ditabrak mobil patrol polisi hingga terjatuh dan langsung diamankan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini