Diduga Kampanye di Akun Facebook, Oknum PNS Ini Dipanggil Bawaslu

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 16:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 13 605 1977284 diduga-kampanye-di-akun-facebook-oknum-pns-ini-dipanggil-bawaslu-w1KgcSgOtp.jpg Posting di Facebook (Reuters)

KOTA MALANG - Salah seorang oknum Aparat Sipil Negera (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diduga melakukan kampanye akhirnya memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang.

Pria bernama Bambang Setiono yang menjabat sebagai Kasi Pembangunan dan Pemeliharaan Penerangan Jalan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang tiba di kantor Bawaslu pukul 10.50 WIB, Selasa siang (13/11/2018), menggunakan mobil dinas Toyota Innova Nopol N 834 AP.

 Baca juga: Mahfud MD Tertawakan Meme dan Video Hoaks Dirinya Dukung Prabowo-Sandi

Bambang langsung memasuki ruang pleno Bawaslu didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Malang, Tabrani, tanpa memberikan keterangan apapun ke awak media.

Hampir satu jam Bambang dimintai keterangan oleh Bawaslu di dalam sentra Gakumdu Bawaslu secara tertutup.

 Penangkapan

Pukul 12.20 WIB, Bambang bersama Kabag Hukum Pemkot Malang keluar ruangan. Kepada awak media Bambang mengaku hanya memenuhi panggilan Bawaslu saja. "Silakan tanya ke Bawaslu saja," ujar Bambang sambil bergegas menuju mobil.

Ia tampak enggan menyampaikan materi pemeriksaan kepada dirinya. "Silakan untuk rekomendasinya ada di Bawaslu," ungkapnya kembali.

 Baca juga: Timses Jokowi-Ma'ruf Giat Raih Suara Pekerja Pabrik

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Malang Bidang Penyelesaian Sengketa, Rusmifahrizal Rustam mengatakan oknum ASN yang bersangkutan mengaku postingan tersbeut merupakan dari akun facebook miliknya.

"Hasil dari keterangan di bawah sumpah agan islam, ia memberikan keterangan dan sudah menjelaskan bahwa akun FB (Facebook) itu dari dia sendiri bahwa dia sudah memposting dan memberikan dukungan," jelasnya usai sidang klarifikasi oleh Bawaslu, Selasa siang (13/11/2018).

Pihaknya melayangkan 30 pertanyaan kepada Bambang terkait postingan kontroversialnya di akun facebook miliknya.

"Kita tanya 30 pertanyaan terkait dugaan postingan gambar paslon presiden nomor 2 di bulan September. Ya memang salah satu paslonnya nomor 2 yang ia posting," terangnya.

Sebelumnya, akun facebook dengan nama Bambang Setiono yang diduga ASN Pemkot Malang mengunggah beberapa postingan yang berisi kalimat tidak semestinya. Misalnya pada postingan yang diunggah pada tanggal 9 September lalu.

 Baca juga: Sandiaga Sebut Genderuwo Ekonomi, Ini Genderuwo Ekonomi Versi Kubu Jokowi

Bambang menuliskan, "saya tidak membenci pak Jokowi tapi tolong tunjukkan kepada saya prestasi apa dalam memimpin bangsa ini saya tunggu jawabannya," tulisnya dalam postingannya.

Selanjutnya pada tanggal 22 Oktober, Bambang kembali memposting sebuah kalimat berbunyi Dasar Negara Indonesia adalah Ketuhanan Yang Maha Esa bukan Pancasila. Postingan itu pun mendapat tanggapan beragam dari netizen.

Kemudian pada tanggal 24 Oktober, Bambang kembali memposting sebuah kiriman yang berisi tentang 2019 Ganti Presiden.

Meski akun facebook tersebut akhirnya di non-aktifkan, posting-an tersebut sudah terlanjur viral di kalangan masyarakat Malang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini